Jumat, Juli 5


Munich

Belanda tampil menawan saat menggasak Rumania di lanjutan Euro 2024. Pelatih Ronald Koeman mengatakan, Belanda mesti melanjutkannya jika mau maju sampai final.

Bertanding di Fussball Arena, pada Selasa (2/7), Belanda mengalahkan Rumania 3-0 untuk lolos ke perempatfinal. Cody Gakpo membuka keunggulan De Oranje lewat gol solo pada 20 menit pertama.

Meski terus menyerang, Belanda baru bisa menciptakan gol keduanya pada 10 menit terakhir. Pemain Borussia Dortmund Donyell Malen menyumbang sepasang gol guna memastikan kemenangan Belanda.


Tak hanya produktif, Belanda memetik kemenangan atas Rumania dengan performa bagus. Statistik memperlihatkan, Belanda mendominasi penguasaan bola dengan 61%, dan total 24 percobaan (6 on target). Sedangkan Rumania cuma lima kali melakukan percobaan bahkan cuma satu yang mengarah ke gawang lawan.

Penampilan meyakinkan Belanda melawan Rumania turut membungkam keraguan. Sebelumnya Virgil van Dijk dkk dihujani kritik usai dibekap Austria 2-3 di laga terakhir fase grup.

“Kadang-kadang sulit mengatakan mengapa anda bermain buruk di satu pertandingan, lalu mencapai level tinggi di pertandingan berikutnya,” ungkap Koeman di Reuters. “Kami tadi memulai dengan baik dan itu membuat perbedaan.”

“Mungkin satu poin kritiknya adalah kami terlalu lama mencetak gol kedua. Hasil memang selalu yang terpenting, tapi kami adalah Belanda dan di sana kami harus bermain bagus dan menyerang. Kami tahu itu.”

“Penampilan kami secara keseluruhan pada pertandingan hari ini luar biasa, dan itulah kami perlu kami terus lakukan di turnamen ini. Inilah levelnya, jika kami turun dari ini kami tidak akan mencapai final,” lugas Ronald Koeman.

(rin/nds)

Membagikan
Exit mobile version