Sabtu, Oktober 19


Wuhu

Chery memamerkan berbagai line up terkini dalam ajang Chery International User Summit 2024. Satu yang menarik perhatian adalah Chery Tiggo 9 Plug in Hybrid Electric Vehicles (PHEV).

Detikcom melihat langsung mobil seri flagship dari brand Chery tersebut. Chery Tiggo 9 diketahui kelasnya berada di atas Chery Tiggo 8.

PT Chery Sales Indonesia sebagai agen resmi belum memasarkan seri flagship tersebut di Tanah Air. Apalagi ini merupakan mobil ramah lingkungan berteknologi ramah lingkungan dengan emblem PHEV.


Chery Tiggo 9 saat di Chery International User Summit 2024 Foto: Ridwan Arifin

Kesan premium mobil ini masih terpancar begitu baru pertama kali melihatnya. Elemen itu bisa terlihat desain termasuk gagang pintu tersembunyi bisa masuk ke body, floating roof, roof rack, dan electric tailgaite juga tidak absen.

Oiya desain grille dari Tiggo 9 PHEV kali ini berbeda dengan yang detikOto lihat kali pertama di Wuhu, China. Kalau sebelumnya tampilan depannya rapat, kini grille-nya menjadi matriks berlian.

Chery Tiggo 9 PHEV meluncur di Beijing Auto Show 2024 Foto: Hafizh Gemilang

Yap, bisa dibilang tampang Tiggo 9 itu lebih mirip dengan Tiggo 8L yang dijual di pasar China.

Chery Tiggo 8L Foto: Chery

Meski begitu, model ini sarat dengan SUV flagship. Saat masuk ke dalam kabinnya terasa premium. Kesan bersih dan elegan juga terpancar saat duduk di kabin depan, hal ini terlihat dengan minimnya tombol-tombol fisik. Head unit-nya juga atraktif, semuanya bisa diatur lewat sentuhan jari 15,6 inch di pusat kontrol tengah.

Chery Tiggo 9 mirip Tiggo 8L untuk pasar China Foto: Ridwan Arifin

Interiornya terasa nyaman dengan bahan soft touch pada beberapa area. Kokpit memiliki layar ganda yang terdiri dari panel instrumen dan layar kontrol pusat.

Menilik spesifikasi di China, Tiggo 9 PHEV ini secara dimensi ukuran panjang 4.820 mm, lebar 1.930 mm, dan tinggi 1.712 mm, jarak sumbu roda 2.820 mm.

Namun untuk Tiggo 8L diketahui punya dimensi panjang keseluruhan 4.795 mm, lebarnya 1.930 mm, dengan tinggi 1.741 mm. Sebagai pembanding, Tiggo 8L lebih gede dari Tiggo 8 Pro Max yang sudah dipasarkan di Indonesia.

Kabarnya Tiggo 8L diperkirakan akan disebut Tiggo 9 dan akan menjadi SUV andalan Chery untuk pasar internasional.

Chery Tiggo 9 saat Chery International User Summit 2024 Foto: Ridwan Arifin

Berdasarkan rilis dari Chery Sales Indonesia, Tiggo 9 PHEV punya mesin 1.5 T generasi kelima Chery yang bisa memuntahkan tenaga 175 kW (238 PS) dan torsinya 386 Nm) dan motor listriknya 165 kW atau 224 PS dan torsi puncak 385 Nm, yang dikawinkan dengan 3DHT.

Selayaknya mobil PHEV yang dibekali baterai, mobil ini bisa menggunakan mode listrik murni CLTC 106 km (atau WLTC 82 km). Dalam kondisi tangki dan baterai terisi penuh, jarak tempuh WLTC sanggup menempuh jarak 1.400 km. Artinya Jakarta-Bali sekali full tank saja tidak perlu ngecas atau isi bensin lagi, nih.

Berdasarkan catatan detikOto saat peluncuran di Beijing Auto Show 2024 lalu, Chery membenamkan mesin PHEV yang menggabungkan mesin 2.0 liter turbocharged dengan 3DHT electric motor. Kombinasi dari mesin bensin dan motor listrik ini diklaim bisa menghasilkan tenaga maksimal 235 HP dan torsi 385 Nm serta tambahan 221 HP dari dorongan listriknya.

Pabrikan asal China ini selalu punya line up yang oke untuk bertarung di pasar otomotif dan harga yang kompetitif. PT Chery Sales Indonesia (CSI) belum memutuskan kapan dan varian Tiggo 9 mana yang akan dipasarkan.

Kira-kira, kalau Chery Tiggo PHEV ini kalau masuk ke Indonesia bakal kena harga berapa, ya? patut untuk ditunggu!

(riar/lth)

Membagikan
Exit mobile version