Kamis, Desember 26


Jakarta

Setiap perusahaan pastinya memiliki strategi yang berbeda untuk mengembangkan bisnisnya. Untuk Area Development Office di Indonesia, BWH Hotel Indonesia terus melakukan ekspansi untuk memperluas jangkauan bisnis.

Ekspansi yang terus dilakukan ini sejalan dengan visi mereka yang mengutamakan fleksibilitas. Direktur Business Development BWH Hotels Indonesia, Bambang S.H menuturkan bahwa BWH Hotels Indonesia dalam jangka waktu satu tahun ke depan akan melakukan ekspansi dengan 12 properti Hotel di beberapa wilayah.

“Untuk Indonesia ya, kita sudah ada pembicaraan yang serius. Dalam waktu dekat itu kita ada di Jawa Tengah, Solo. Lalu ada di Jakarta, Papua, Lombok, Pontianak, Balikpapan, dan Bandung,” jelas Bambang pada tim detikcom, Selasa (10/12/2024).


Foto: BWH Hotels

Dalam strateginya, BWH Hotels Indonesia menerapkan prinsip fleksibilitas untuk membagun rantai bisnis. Oleh karena itu, BWH Hotels Indonesia terus berusaha untuk menjangkau setiap pasar di daerah-daerah strategis sehingga rantai bisnis tidak menumpuk di satu tempat saja.

“Begitu kita menyebar kita bisa menjadi semakin fleksibel karena semuanya jadi satu mata rantai yang bisa saling support. Jadi tidak terpisah,” tutur Bambang.

Fleksibilitas dan Perluasan Jaringan

Fleksibilitas dalam operasional juga diterapkan dengan tetap menjaga standar kualitas produk dan pelayanan yang tinggi. Bambang menjelaskan dalam proses ekspansi, BWH Hotels Indonesia tidak membatasi para investor dan vendor mereka dalam memilih produk apa yang harus digunakan untuk melengkapi fasilitas di hotel.

Foto: BWH Hotels

Menurut Bambang, hal ini lah yang membedakan Best Western Hotels & Resorts Indonesia dengan hotel lain. Hal ini juga membantu BWH Hotels Indonesia dalam memperluas rantai bisnis mereka, pasalnya dengan fleksibilitas ini mereka bisa menjalin kerja sama dengan banyak pihak.

“Semakin kita masuk dalam suatu jaringan yang lebih luas, lebih besar, kita akan mendapatkan banyak kemudahan,” pungkas Bambang.

Best Western Hotels & Resorts telah memiliki 24 Hotel yang tersebar di seluruh Indonesia. Unit yang baru-baru ini diresmikan adalah Best Western Sagita Hotel yang berlokasi di Jayapura, Papua.

Menilik ke belakang, Best Western Hotels & Resorts pertama kali didirikan di Amerika pada 1946. Bisnis mereka terus berekspansi hingga menyasar Asia Pasifik yang berpusat di Bangkok, Thailand pada tahun 2001.

Rantai bisnis hotel ini baru masuk ke Indonesia pada 2007, dan hotel pertama berhasil dibangun di daerah Mangga Dua, Jakarta. Bambang menyebut Best Western Hotels & Resorts Asia Pasifik akan menambah setidaknya 10 unit per tahunnya.

Branding dan Inovasi

Meskipun termasuk ke dalam rantai bisnis Hotel Internasional, Best Western Hotels & Resorts Indonesia memiliki perwakilan manajemen di Indonesia yang berkantor di Jakarta. BWH Hotels International berpusat di Amerika, sedangkan untuk Area Asia Pacific BWH memiliki perwakilan di Bangkok, Thailand.

Bambang menuturkan banyak sekali program yang dilakukan untuk menjangkau masyarakat luas. Best Western Hotels & Resorts bekerja sama dengan OTA, institusi pemerintah, perusahaan-perusahaan swasta, dan institusi akademis untuk mengadakan seminar dan pengenalan bisnis.

Lebih lanjut, Bambang mengatakan Best Western Hotels mengutamakan kebutuhan para pelanggan. Ia menjelaskan rantai bisnis BWH tak hanya menyasar mid-scale customer, tapi juga pangsa pasar budget hingga pangsa pasar luxurious.

Selain itu, BWH Hotels Indonesia juga menawarkan membership bagi para pelanggannya. Berbeda dengan kebanyakan membership yang memiliki tenggat waktu, membership di BWH Hotels dapat digunakan dalam jangka waktu selamanya atau lifetime sehingga pelanggan bisa mendapatkan keuntungan paling optimal.

Bagi yang tertarik untuk menginap dan mendaftar membership bisa mengakses laman resmi BWH Hotels Indonesia di https://www.bestwesternindonesia.com/.

(anl/ega)

Membagikan
Exit mobile version