Minggu, September 29


Jakarta

Perangkat Copilot+ PC satu persatu mulai hadir di Indonesia. Salah satunya adalah laptop Asus Vivobook S 15 OLED (S5507) yang hadir dengan prosesor Snapdragon X Elite dan sederet fitur AI pintar.

Vivobook S 15 OLED menjanjikan performa yang kencang untuk melakukan pekerjaan sehari-hari dan menjalankan tugas AI. Laptop ini juga dibekali layar yang luas dengan spesifikasi yang di atas kertas terlihat mengesankan.

Apakah fitur-fitur ini bisa membuat Asus Vivobook S 15 OLED unggul dari kompetitornya? Simak ulasan lengkap Asus Vivobook S 15 OLED berikut ini.


Desain

Asus Vivobook S 15 OLED hadir dengan desain yang konvensional dan minimalis. Tidak banyak aksen yangg menghiasi laptop ini, hanya ukiran logo Asus Vivobook di eksterior laptop dan tulisan logo bezel bawah layar.

Penggunaan warna Cool Silver dengan nuansa perak dan finish satin membuat tampilannya terkesan premium dan tidak licin. Sayangnya permukaan laptop ini mudah dikotori sidik jari.

Laptop ini menggunakan material logam untuk rangkanya dan sudah diuji dengan standar militer MIL-STD 810H untuk memastikan bodinya tahan banting. Meski begitu, Vivobook S 15 OLED tetap mempertahankan desain thin and light dengan ketebalan 14,7 mm dan bobot 1,42 kg sehingga tetap enteng untuk dibawa dalam perjalanan.

Asus Vivobook S 15 OLED Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Asus menyediakan keybaord chiclet dengan travel distance 1,7 mm untuk Vivobook S 15 OLED yang dilengkapi number pad dan backlit RGB. Di bawahnya tersedia touchpad yang ukurannya cukup besar dan bisa dipakai untuk mengontrol volume, playback lagu, dan tingkat kecerahan layar.

Secara keseluruhan, pengalaman menggunakan keyboard dan touchpad di Vivobook S 15 OLED sangat memuaskan. Keyboard-nya memiliki feel dan suara klik yang mantap, sedangkan touchpad yang luas memudahkan navigasi.

Tidak hanya itu, Asus juga menyediakan pilihan port yang cukup lengkap. Di sisi kanan terdapat dua port USB Type-A, sedangkan di sisi kiri disediakan port HDMI, dua port USB Type-C (untuk pengisian daya dan transfer data), audio jack 3,5mm, dan microSD reader.

Layar dan audio

Asus Vivobook S 15 OLED mengusung panel OLED berukuran 15,6 inch. Layarnya memiliki resolusi 3K (2880 x 1620) dengan rasio 16:9 dan rasio screen-to-body 89% berkat bezel yang tipis di sisi kanan dan kiri laptop.

Layar Vivobook S 15 OLED memiliki refresh rate 120Hz dengan tingkat kecerahan 300 nits. Layarnya bisa menampilkan warna dengan tajam dan cerah, namun sayangnya masih terlalu redup untuk penggunaan di luar ruangan saat siang hari.

Tidak ketinggalan, layar Vivobook S 15 OLED juga mendukung 100% DCI P-3 color gamut, VESA Certified Display HDR True Black 600, dan 1,07 miliar warna sehingga cocok untuk pekerja kreatif seperti desainer dan ilustrator. Ada juga sertifikasi dari TUV Rheinland dan SGS Eye Care Display untuk membuat mata tetap nyaman.

Asus Vivobook S 15 OLED Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Tidak hanya untuk kerja dan produktivitas, Vivobook S 15 OLED juga cocok untuk menikmati hiburan seperti mendengarkan musik dan menonton film. Layarnya yang lebar membuat pengalaman menonton terasa lebih imersif. Apalagi laptop ini juga dilengkapi audio dari Harman/Kardon dan dukungan Dolby Atmos.

detikINET menjajal laptop ini dengan menonton film action ‘Civil War’. Suara tembakan di film terdengar dimensional dan realistis, padahal hanya mengandalkan speaker built-in.

Fitur

Asus Vivobook S 15 OLED dilengkapi sejumlah fitur dan aplikasi pendukung untuk meningkatkan pengalaman dan produktivitas pengguna. Mulai dari sederet fitur Copilot+ berbasis AI generatif seperti Cocreate dan Image Creator yang dibenamkan di aplikasi Paint, sampai Live Captions yang bisa transkrip audio menjadi teks, hingga menerjemahkan audio dari bahasa lain ke bahasa yang dipahami.

Tentu saja tombol Copilot sudah disediakan di keyboard sehingga memudahkan pengguna memanggil asisten AI buatan Microsoft ini. Sayangnya fitur Recall yang jadi fitur unggulan Copilot+ masih belum diluncurkan karena terhalang masalah privasi.

Asus Vivobook S 15 OLED Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Bagi yang sering rapat online via Zoom atau Google Meet, tersedia Windows Studio Effects yang bisa menambahkan efek blur untuk memastikan peserta rapat lainnya hanya fokus ke wajah kalian.

Bicara soal rapat online, Vivobook S 15OLED dilengkapi webcam IR dengan resolusi FHD. Webcam ini dilengkapi privacy shutter dan mendukung Windows Hello untuk meningkatkan privasi dan keamanan laptop.

Selanjutnya: Performa dan baterai>>>



Membagikan
Exit mobile version