Minggu, Oktober 6


Jakarta

Buaya air asin satu ini membuat nelayan resah. Saat ke pantai takut orang yang datang, ia kemudian pergi ke tempat sepi, nongkrong di atas tambak lobster.

Seorang nelayan bernama Suriadi dikejutkan dengan penampakan seekor buaya muara berukuran besar berjemur di keramba lobster miliknya di Pantai Bumbang, Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, NTB. Buaya itu berjemur tengah hari di atas tambak.

Informasi yang dihimpun detikBali, kemunculan buaya muara itu terjadi sekitar pukul 13.00 Wita, Jumat (4/10). Saat itu, Suriadi hendak pergi memancing ikan tongkol.


“Saya mau pergi ke tengah laut menggunakan sampan untuk memancing ikan tongkol, tiba-tiba saya melihat penampakan mirip seperti buaya dan saya mendekat untuk memastikan binatang apa. Ternyata setelah lebih dekat, benar itu seekor buaya yang sedang berjemur,” kata Suriadi kepada detikBali, Sabtu (5/10/2024).

Sempat ke pantai

Suriadi menjelaskan, sebelum muncul di keramba lobster miliknya, buaya tersebut juga pernah terlihat di Pantai Bumbang, pagi sebelumnya. Buaya tersebut langsung menuju ke laut jika ada manusia.

“Tiba-tiba sudah ada di keramba lobster. Kejadian ini mengingatkan saya akan pentingnya kewaspadaan saat berada di dekat pantai,” ujar Suriadi.

Ia mengaku penampakan buaya ini cukup meresahkan nelayan. Ia berharap Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) NTB segera tanggap terhadap situasi ini.

Baca artikel selengkapnya di detikBali

(msl/msl)

Membagikan
Exit mobile version