Rabu, Oktober 16


Jakarta

Saat diet, pencinta kopi masih tetap dapat menikmati minuman favoritnya. Ikuti 6 cara ini agar konsumsi kopi mendukung usaha penurunan berat badan.

Kopi dapat membantu menurunkan berat badan asalkan diminum dengan cara yang tepat. Hal ini disampaikan ahli gizi Nataly Komova yang menyebut peran kafein dalam kopi untuk manfaat tersebut.

“Kafein pada kopi meningkatkan thermogenesis, membuat tubuh membakar lebih banyak kalori,” kata Komova, seperti dikutip dari Express.


Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa menikmati secangkir kopi dengan beberapa cara berikut.

1. Kopi hitam tanpa pemanis

Pastikan kopi yang dikonsumsi tidak mengandung pemanis tambahan. Kopi hitam merupakan minuman ideal untuk menurunkan berat badan karena mengandung kurang dari 5 kalori.

“Sementara kopi hitam rendah kalori, minuman ini bisa berubah jadi tinggi kalori, gula dan lemak saat ditambahkan susu dan gula,” kata ahli diet Ashley Shaw, seperti dikutip dari Insider.

Dengan demikian, sebaiknya Anda menyisihkan kopi-kopi kekinian atau kopi kemasan.

2. Tidak diminum saat perut kosong

Foto: Getty Images/iStockphoto/Yevhen Roshchyn

Tak jadi soal jika Anda menjadikan kopi sebagai menu sarapan. Namun, sebaiknya santap makanan terlebih dahulu, baru seruput kopi Anda.

“Itu karena kopi dapat mengurangi rasa lapar Anda, yang dapat mengakibatkan Anda melewatkan makan,” jelas ahli diet Kaset Hageman, seperti dikutip dari Eat This Not That.

Saat Anda tidak sarapan, Anda bakal makan berlebihan di siang atau malam hari. Kalau begini, maka proyek menurunkan berat badan hanya sekadar impian.

3. Pilih waktu yang tepat

Sebaiknya minum kopi di waktu yang tepat. Shaw menyarankan untuk tidak minum kopi 6-7 jam jelang waktu tidur demi menjaga kualitas tidur dan hormon tubuh.

Saat Anda kurang tidur, rasa lapar meningkat, terutama terhadap makanan tinggi kalori. Konsumsi kalori berlebih akan menaikkan berat badan.

4. Perhatikan camilan pendamping kopi

Foto: Unsplash/Jade Wulfraat

Terkadang, manfaat kopi dipengaruhi teman minum alias kudapannya. Orang kerap memasangkan kopi dengan kukis, biskuit, atau roti. Rasanya memang nikmat, tetapi kalori yang masuk juga besar.

“Kadang tidak apa-apa, tapi jika dilakukan rutin, maka itu dapat menghambat penurunan berat badan,” kata ahli gizi Adriana Sobel.

5. Pakai bubuk kayu manis

Anda bisa menambahkan bubuk kayu manis untuk memberikan manfaat lebih pada secangkir kopi.

Seperti dikutip dari Times of India, paduan kafein dan antioksidan dari kayu manis akan mendorong penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolisme. Racikannya sederhana, cukup siapkan secangkir kopi hitam panas, lalu tambahkan seperempat sendok teh bubuk kayu manis.

6. Paduan dark chocolate

Foto: Getty Images/iStockphoto

Dark chocolate memiliki aroma dan rasa manis-pahit yang khas. Menambahkannya pada secangkir kopi hitam bukan ide buruk. Apalagi, cokelat akan sedikit meluruhkan pahit kopi.

Artikel ini sudah tayang di CNN Indonesia dengan judul “6 Cara Minum Kopi yang Ampuh Turunkan Berat Badan

(adr/adr)

Membagikan
Exit mobile version