Jumat, September 27

Jakarta

Wanita memerlukan asupan nutrisi harian yang berbeda dari laki-laki, terutama dalam hal kalsium dan mineral. Untuk memenuhinya, coba konsumsi 5 makanan super ini.

Dari segi protein, energi, karbohidrat, gula, lemak, dan lemak jenuh, laki-laki memang membutuhkan nutrisi itu lebih banyak dari perempuan. Namun, dari sisi vitamin, kalsium dan mineral, perempuan membutuhkannya lebih banyak dari laki-laki, terutama saat menstruasi.

Meskipun begitu, secara keseluruhan wanita tetap perlu mendapat asupan nutrisi penting yang dibutuhkan. Jika tidak, bisa memengaruhi kesehatan secara keseluruhan dan menyebabkan masalah kesehatan serius.


Menurut laporan yang disebutkan timesnownews.com (25/09/2024), sekitar 1,2 miliar anak perempuan dan wanita di seluruh dunia menderita kekurangan vitamin dan nutrisi penting lainnya, seperti zat besi, seng, folat, dan yodium.

Agar tidak kekurangan nutrisi penting itu, para wanita bisa mulai mengonsumsi sejumlah makanan super (superfood) yang menawarkan nutrisi dibutuhkan.

Berikut daftar lima makanan super yang perlu dikonsumsi wanita.

1. Bayam

Bayam bisa dikonsumsi karena kaya akan zat besi. Foto: Getty Images/Tyas Indayanti

Bayam kaya zat besi yang penting bagi wanita untuk melawan anemia. Anemia sendiri kerap dialami wanita saat menstruasi.

Bayam juga mengandung folat yang diperlukan untuk regenerasi sel dan kesehatan reproduksi, serta kaya akan vitamin A, C, dan K. Kandungan vitamin ini dapat membantu mencerahkan kulit hingga memperbaiki sel-sel kulit mati.

Kandungan antioksidan tinggi pada bayam juga mampu membantu tubuh melawan radikal bebas berlebihan, yang berpotensi menyebabkan stress oksidatif. Stress oksidatif harus dicegah karena memicu penyakit serius, seperti diabetes, penyakit jantung, hingga Alzheimer.

Wanita bisa mengonsumsi bayam secara rutin, dengan cara menjadikannya salad segar, merebus, atau menumisnya dengan rempah sehat.

2. Yogurt

Yigurt kaya akan kalsium dan tinggi protein yang baik untuk kesehatan wanita. Foto: Getty Images/Kristina Maksymova

Greek yogurt atau yogurt Yunani mengandung kalsium dan protein yang tinggi. Kandungan tersebut dapat membantu memperkuat tulang dan menjaga massa otot.

Bagi wanita, kalsium di dalam yogurt merupakan asupan penting, terutama pasca menopause. Kalsium dapat mencegah osteoporosis. Sedangkan probiotik dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan pencernaan.

Daftar superfood lain yang perlu dikonsumsi bisa dilihat pada halaman selanjutnya!

Membagikan
Exit mobile version