Sabtu, Oktober 5

Jakarta

Risiko kanker payudara yang meningkat membuat wanita perlu untuk menjaga pola hidup mereka. Salah satunya dengan mengonsumsi 5 makanan sehat ini.

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang terbentuk di jaringan payudara. Bisa tumbuh secara tidak terkendali dan mengambil alih jaringan payudara yang sehat dan sekitarnya.

Belum diketahui faktor apa yang menyebabkan sel kanker tumbuh di sekitar payudara. Namun, wanita memang berisiko terkena penyakit ini ketika mereka memiliki gejala berat badan berlebih, menstruasi pada usia terlalu muda, atau memiliki kebiasaan merokok.


Kabar buruknya, insiden kanker payudara meningkat di kalangan wanita. Karena risikonya semakin besar, penting untuk mencegahnya dengan menerapkan langkah-langkah gaya hidup yang baik.

Dengan berhenti minum alkohol dan merokok, berolahraga lebih banyak, hingga mengonsumsi makanan sehat dapat membantu mencegah risiko terkena kanker payudara.

Jika ingin fokus beralih ke pola makan sehat, ada sejumlah makanan terbaik yang paling disarankan untuk dikonsumsi.

Melansir Times of India (02/10/2024), berikut 5 makanan yang cegah risiko kanker payudara:

1. Kedelai

Kedelai dan olahannya dapat mencegah risiko kanker payudara. Foto: Getty Images/iStockphoto/

Produk kedelai, seperti edamame, tahu, atau susu kedelai dapat mencegah risiko kanker payudara.

Sebab, menurut meta-analisis yang diterbitkan dalam jurnal JNCI Cancer Spectrum, di dalam kedelai ada isoflavon yang telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara hingga 26%.

Namun, serangkaian penelitian yang disebut Times of India mengatakan bahwa konsumsi isoflavon dalam jumlah tinggi, sebenarnya dapat meningkatkan risiko perkembangan kanker payudara.

Secara keseluruhan, sebenarnya konsumsi kedelai dapat mencegah kanker payudara dan mencegahnya kambuh, tetapi jangan konsumsi secara berlebihan.

2. Teh hijau

Minum teh hijau juga bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Foto: Getty Images/iStockphoto/kuppa_rock

Pencinta teh hijau dapat memperoleh manfaat dari mengonsumsi minuman berkhasiat ini. Di dalamnya ada polifenol yang menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Menurut Mount Sinai, dalam sebuah penelitian terhadap 472 wanita dengan berbagai stadium kanker payudara, para peneliti menemukan bahwa wanita yang paling banyak minum teh hijau memiliki penyebaran kanker paling kecil.

Daftar makanan lain yang bisa cegah kanker payudara dapat dilihat pada halaman selanjutnya!

Simak Video “Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version