Sabtu, September 7

Jakarta

Wanita yang sedang menstruasi sebenarnya tidak boleh makan sembarangan. Hindari konsumsi 5 makanan ini karena bikin perut kembung.

Selama masa menstruasi, wanita dihadapi dengan kondisi perut yang sakit dan tidak nyaman. Mulai dari perut kram sampai perut kembung.

Gejala seperti ini terjadi akibat adanya perubahan hormon dalam tubuh ketika wanita menstruasi. Masalah ini sebenarnya bisa membaik sendiri seiring berakhirnya masa menstruasi.


Asalkan, para wanita tidak memperparahnya dengan mengonsumsi makanan sembarangan. Sebab, kembung di perut saat menstruasi juga bisa dipicu karena asupan makanan yang kurang baik.

Untuk menghindari kondisi perut kembung yang lebih buruk, saat menstruasi para wanita sebaiknya tidak mengonsumsi 5 makanan ini, seperti yang dilansir Times of India (17/03):

1. Makanan berlemak

Makanan berlemak tidak baik dikonsumsi wanita saat sedang haid. Foto: iStock

Saat menstruasi, nafsu makan biasanya meningkat. Rasanya ingin sekali menikmati makanan-makanan yang terlihat menggiurkan, seperti gorengan atau kue manis.

Sayangnya, makanan seperti itu tinggi lemak. Belum lagi ada beberapa yang tinggi akan lemak jenuh dan trans yang dapat memperlambat pencernaan. Akhirnya menyebabkan rasa tidak nyaman di perut sampai membuat kembung.

Oleh karena itu, makanan berlemak sebaiknya dihindari. Jenis-jenisnya termasuk makanan yang digoreng, junk food, daging berlemak, sosis, kue kering, keju, sampai makanan yang bersantan.

2. Makanan tinggi garam

Makanan tinggi garam seperti keripik yang diberi garam dan penyedap tinggi juga perlu dihindari. Foto: Getty Images/Edy Gunawan

Makanan tinggi garam atau natrium juga sering menggiurkan. Namun, para wanita perlu menghindarinya menjelang haid atau saat sedang haid.

Asupan garam berlebihan dapat menyebabkan retensi air sehingga memperburuk kembung. Makanan ini juga dapat menyebabkan berkumpulnya cairan di dalam pembuluh darah.

Makanan tinggi garam yang perlu dihindari, seperti makanan olahan, camilan asin, dan makanan cepat saji yang seringkali mengandung natrium tinggi. Kamu bisa menggantinya dengan pilihan lebih baik.

Alih-alih menikmati kentang goreng, kamu bisa menikmati kentang panggang yang kandungan garamnya cenderung lebih rendah.

Daftar makanan lain yang perlu dihindari saat haid, bisa dilihat pada halaman selanjutnya!

Membagikan
Exit mobile version