Senin, Oktober 7


Jakarta

Staf Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Kusnadi, mengaku tidak mengenal buron kasus korupsi Harun Masiku. Klaim itu disampaikan Kusnadi setelah mendatangi Bareskrim Polri.

“Nggak (kenal Harun Masiku),” kata Kusnadi di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis (13/6/2024).

Kusnadi juga membantah kabar yang menyebut bahwa dia meminta Harun Masiku membuang ponsel. Dia mengaku tak kenal Harun Masiku.


“Nggak, nggak itu, nggak benar. Nggak ada (permintaan membuang ponsel),” ujarnya.

Kusnadi juga menjelaskan alasan tak menghadiri panggilan KPK sebagai saksi kasus Harun Masiku. Dia menyebutkan surat panggilan KPK terlalu mendadak.

“Panggilan itu baru tadi malam diterima, sedangkan saya mempersiapkan untuk ke sini (ke Bareskrim),” kata Kusnadi.

Dia mengaku trauma atas perlakuan penyidik KPK. Dia merasa dirugikan atas penyitaan ponsel Hasto yang sedang dipegangnya selaku staf.

“Ya gimana nggak trauma, saya kan orang sipil nggak tahu apa-apa, di sana saya tiba-tiba katanya dipanggil (Hasto), ternyata saya nggak dipanggil,” ujarnya.

Kusnadi meminta penjadwalan ulang atas pemanggilan KPK. Dia mengaku akan memenuhi panggilan KPK.

“Insyaallah saya datang, saya orang Islam,” ujarnya.

KPK Panggil Kusnadi Hari Ini

Kusnadi dipanggil KPK hari ini. Kusnadi dipanggil untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus korupsi yang melibatkan buron Harun Masiku.

“Hari ini dijadwalkan pemeriksaan saksi dugaan TPK suap pergantian antarwaktu (PAW) anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI periode 2019-2024, atas nama Kusnadi, wiraswasta,” kata anggota tim Jubir KPK, Budi Prasetyo, kepada wartawan, Kamis (13/6).

KPK memanggil Kusnadi untuk diperiksa di gedung Merah Putih KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan. Kendati demikian, Budi belum membeberkan Kusnadi hadir atau tidak dalam pemanggilan hari ini.

Seperti diketahui, KPK juga telah memeriksa Hasto pada Senin (10/6). Ini ketiga kalinya Hasto diperiksa di kasus Harun Masiku, setelah Sekjen PDIP itu sebelumnya menjalani pemeriksaan pada Januari dan Februari 2020.

Namun pemeriksaan Hasto pada awal pekan ini belum rampung. Sekjen PDIP itu mengaku baru diperiksa selama 90 menit oleh penyidik KPK dan belum masuk ke pokok perkara.

Dalam pemeriksaan itu, penyidik KPK juga menyita ponsel dan buku catatan milik Hasto. Tim pengacara Hasto lalu melaporkan penyitaan itu ke Dewas KPK.

Simak juga Video: Kusnadi Staf Hasto Ngaku Tak Kenal Harun Masiku

[Gambas:Video 20detik]

(ond/haf)

Membagikan
Exit mobile version