Sabtu, September 28


Jakarta

Usia seseorang memang tidak bisa ditebak, tetapi terdapat cara yang bisa dilakukan agar individu memiliki proses penuaan yang lebih baik sehingga berkaitan dengan usia lebih panjang. Ilmuwan di China mengungkapkan bahwa memiliki mental yang stabil merupakan kunci dari umur panjang.

Tim peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Shanghai Jiao Tong menganalisis adanya dampak dari kesehatan mental terhadap hasil penuaan melalui data genetik yang tersedia untuk umum dari populasi keturunan Eropa.

Analisis yang dilakukan kepada kurang lebih 2,3 juta orang menunjukkan bahwa individu dengan mental stabil cenderung mengalami penuaan lebih sehat. Mental yang stabil dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit dan virus. Peneliti juga mengklaim bahwa orang dengan pekerjaan dan pendidikan yang baik dapat dipengaruhi oleh kondisi mentalnya yang stabil.


Makanan yang Bantu Kesehatan Mental

Kondisi mental yang stabil dapat dibantu dengan gaya hidup sehat salah satunya dari asupan makan. Meningkatkan asupan keju dan buah dapat berkontribusi pada kondisi mental yang lebih baik dan penuaan yang lebih sehat.

Dikutip dari New York Post Rabu, (19/6/2024), penelitian yang dipimpin oleh Profesor Tian-Ge Wang menunjukkan bahwa orang yang memiliki ketahanan lebih dalam menghadapi stres yakni orang yang diduga banyak mengkonsumsi keju lantaran memiliki kandungan kalsium serta probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan usus dan kekebalan tubuh.

(naf/naf)

Membagikan
Exit mobile version