Selasa, Juli 2


Jakarta

Selain nasi bebek, dari Madura terkenal kuliner bebek songkem. Ternyata kuliner ini punya makna filosofis yang unik sesuai budaya yang ada di Madura.

Bebek songkem merupakan kuliner khas Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. Kuliner ini telah diakui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia sebagai warisan budaya tak benda (WBTB).

Bebek songkem merupakan olahan daging bebek yang dimasak lalu disajikan dengan cara ditekuk seperti orang yang sedang sungkem. Sungkem merupakan tradisi menghormati orang tua atau kiai dengan menundukkan kepala dan menyentuh tangan mereka.


Bebek songkem menjadi simbol penghormatan dan terima kasih kepada guru dan pemimpin agama yang telah mengajarkan ilmu mengaji kepada anak-anak mereka. Dahulu, setiap desa di Madura memiliki seorang kiai yang dihormati oleh warga. Saat orang tua murid berkunjung ke rumah kiai untuk sungkeman, mereka akan membawa bebek songkem sebagai buah tangan.

Dilansir dari laman Kemdikbud, keistimewaan dari kuliner tersebut berada pada proses pengolahan daging bebek yang dikukus dan tersaji dengan balutan daun pisang. Proses pengukusan membutuhkan waktu 3-4 jam sehingga menghasilkan bumbu yang meresap secara merata dan daging bebek empuk secara merata. Cara pengolahan dengan dikukus membuat makanan bebek songkem menjadi rendah kolesterol.

Kalau mau buat bebek songkem sendiri di rumah juga bisa. Berikut bahan dan caranya:

Bahan Utama:
1 Ekor bebek yang sudah dibersihkan, potong-potong
1 Buah jeruk nipis
Daun pisang secukupnya untuk membungkus

Bahan Bumbu Halus
10 Buah cabai merah keriting
10 Siung bawang merah
5 Buah cabai rawit atau sesuai selera
6 Siung bawang putih
2 Sdt garam
1 Sdt gula
1/2 Sdt kaldu bubuk

Cara Membuat:
1. Lumuri daging bebek dengan perasan jeruk nipis dan sedikit garam. Diamkan selama 30 menit.
2. Panaskan daun pisang yang masih segar di atas api kompor agar layu dan mudah dibentuk.
3. Lumuri daging bebek dengan bumbu halus. Ambil daun pisang secukupnya dan isi dengan daging bebek yang sudah dibumbui. Ikat setiap ujungnya atau semat dengan tusuk gigi.
4. Kukus selama kurang lebih 3 jam lamanya. Setelah itu bisa disajikan dengan nasi hangat.

Artikel ini ditulis oleh An Nisa Maulidiyah, peserta Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom.

Artikel ini sudah tayang di detikjatim dengan judul Mengenal Bebek Songkem, Kuliner Khas Madura yang Punya Makna Unik

(yms/adr)

Membagikan
Exit mobile version