Sabtu, Oktober 26


Jakarta

Pebalap Ducati asal Italia, Francesco Bagnaia meraih pole position di kualifikasi MotoGP Thailand 2024, Sabtu (26/10). Sementara Jorge Martin dan Marc Marquez sama-sama jatuh di akhir putaran!

Di putaran pertama, Francesco Bagnaia langsung mencatatkan waktu tercepat 1 menit 29,331 detik dan membuatnya menempati urutan pertama. Bagnaia dibuntuti Fabio Quartararo dan Maverick Vinales yang gap-nya sama-sama tak sampai 1 detik.

Di saat yang sama, Jorge Martin dan Marc Marquez masih berjuang di barisan tengah. Keduanya mengawali Q2 dengan penampilan yang sangat hati-hati, sehingga terlempar ke peringkat enam-tujuh.


Hasil kualifikasi MotoGP Thailand 2024. Foto: REUTERS/Kim Kyung-Hoon

Bagnaia makin menjadi-jadi di putaran kedua. Pebalap 27 tahun tersebut memperbaiki waktunya menjadi 1 menit 29,076 detik dan membuatnya makin tak tersentuh di posisi pertama. Sementara Martin dan Marquez pelan-pelan mampu memperbaiki posisinya hingga masuk ke peringkat empat besar.

Namun, petaka hadir ketika Q2 hanya menyisakan tiga-empat menit lagi. Marquez jatuh di tikungan ketiga, sementara Martin mengalami nasib serupa di tikungan kesembilan. Keduanya sama-sama tak mampu melanjutkan kualifikasi.

Meski demikian, catatan waktu mereka sudah cukup untuk menempatkannya di urutan lima besar. Jika Marquez mampu mengamankan posisi kelima, maka Martin di tempat ketiga.

Francesco Bagnaia pole position di kualifikasi MotoGP Thailand 2024. Foto: Ducati

Berbeda dengan Marquez dan Martin, Bagnaia justru ‘membara’ di sisa-sisa putaran akhir. Dia kembali memperbaiki catatan waktunya menjadi 1 menit 28,700 detik.

Hingga akhir Q2, tak ada perubahan di barisan depan. Bagnaia tetap pole position, sementara Bastianini kedua dan Martin ketiga.

Berikut Hasil Kualifikasi MotoGP Thailand 2024

  1. Francesco Bagnaia
  2. Enea Bastianini
  3. Jorge Martin
  4. Marco Bezzecchi
  5. Marc Marquez
  6. Fabio Quartararo
  7. Pedro Acosta
  8. Fabio Diggia
  9. Alex Marquez
  10. Maverick Vinales
  11. Franco Morbidelli
  12. Johann Zarco
  13. Brad Binder
  14. Aleix Espargaro
  15. Jack Miller
  16. Augusto Fernandez
  17. Alex Rins
  18. Takaaki Nakagami
  19. Joan Mir
  20. Raul Fernandez
  21. Luca Marini
  22. Lorenzo Savadori

(sfn/dry)

Membagikan
Exit mobile version