Sabtu, Oktober 5


Jakarta

Pebalap muda asal Spanyol, Pedro Acosta meraih tempat pertama di kualifikasi MotoGP Jepang 2024, Sabtu (5/10). Dia ‘menggeser’ tempat Marc Marquez yang gagal pole position setelah kedapatan melampaui track limit!

Kualifikasi MotoGP Jepang 2024 berlangsung di trek agak basah. Ketika Q2 baru dimulai, Marc Marquez sebenarnya tampil baik dengan catatan waktu tercepat di putaran pertama. Dia dibuntuti Franco Morbidelli dan Brad Binder hingga memasuki putaran kedua.

Ketika Q2 memasuki menit keempat, Marquez sempat oleng dan hampir jatuh. Beruntung dia mampu menjaga keseimbangan dan melanjutkan jalannya kualifikasi tersebut.


Hasil kualifikasi MotoGP Jepang 2024. Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw

Jorge Martin dan Alex Marquez sempat terlibat crash di pertengahan kualifikasi. Ketika itu, Martin menubruk dan menghantam punggung Alex dari belakang. Persis seperti kakaknya, Alex mampu menjaga motornya tak jatuh.

Ketika Q2 memasuki menit ketujuh, Pedro Acosta lantas membuat kejutan. Dia melesat kencang dan mengambil alih posisi terdepan. Marquez sebenarnya mampu mengejar catatan waktu terbaik Acosta, namun dia dihukum lantaran melampaui track limit.

Di kesempatan yang sama, Jorge Martin justru jatuh di tikungan kesembilan ketika kualifikasi hampir selesai. Dia hanya mampu menyudahi kualifikasi di urutan ke-11.

Pedro Acosta. Foto: Icon Sportswire via Getty Images/Icon Sportswire

Pada akhirnya, Pedro Acosta tetap meraih pole position. Sementara Francesco Bagnaia di posisi kedua dan Maverick Vinales di tempat ketiga.

Berikut Hasil Kualifikasi MotoGP Jepang 2024

  1. Pedro Acosta
  2. Francesco Bagnaia
  3. Maverick Vinales
  4. Enea Bastianini
  5. Brad Binder
  6. Franco Morbidelli
  7. Fabio Diggia
  8. Marco Bezzecchi
  9. Marc Marquez
  10. Alex Marquez
  11. Jorge Martin
  12. Fabio Quartararo
  13. Raul Fernandez
  14. Jack Miller
  15. Aleix Espargaro.

(sfn/lth)

Membagikan
Exit mobile version