Sabtu, September 21


Jakarta

Pebalap Ducati asal Italia, Francesco Bagnaia meraih pole position di kualifikasi MotoGP Emilia Romagna dengan catatan waktu terbaik 1 menit 30,031 detik. Sementara Marc Marquez yang sempat jatuh harus puas di urutan ketujuh!

Ketika Q2 baru dimulai, Jorge Martin langsung tancap gas dan mencatatkan waktu tercepat di putaran pertama. Pebalap 27 tahun tersebut dibuntuti Pedro Acosta dan Francesco Bagnaia hingga putaran kedua.

Di saat bersamaan, Marc Marquez justru mengalami kecelakaan setelah motornya keluar lintasan. Beruntungnya, The Baby Alien mampu membangkitkan motornya dan melanjutkan perlombaan.


Marc Marquez crash atau jatuh di kualifikasi MotoGP Emilia Romagna 2024. Foto: MotoGP.

Di putaran pertama, catatan waktu Marquez sebenarnya cukup impresif. Dia menempati urutan keempat dan hanya berjarak 0,6 detik dari Martin di posisi pertama. Pebalap asal Spanyol itu mampu menjaga posisinya hingga Q2 menyisakan empat menit lagi.

Pertarungan ketat terjadi di perebutan posisi kedua antara Acosta dan Bagnaia. Keduanya beberapa kali saling bertukar posisi. Namun, pada akhirnya, Bagnaia mampu mengungguli Acosta.

Marquez kemudian masuk ke pit ketika balapan menyisakan beberapa menit lagi. Dia memilih tak menuntaskan kualifikasi hingga selesai. Pebalap 31 tahun itu merosot ke urutan tujuh pada hasil akhir.

Kualifikasi MotoGP Emilia Romagna 2024. Foto: REUTERS/Massimo Pinca

Di detik-detik akhir Q2, Bagnaia membuat kejutan setelah catatan waktunya mengungguli Martin. Dia lebih cepat 0,2 detik dari Martin di urutan kedua. Sedangkan Acosta juga drop ke urutan kelima.

Berikut Hasil Kualifikasi MotoGP Emilia Romagna 2024

  1. Francesco Bagnaia
  2. Jorge Martin
  3. Enea Bastianini
  4. Brad Binder
  5. Pedro Acosta
  6. Marco Bezzecchi
  7. Marc Marquez
  8. Maverick Vinales
  9. Fabio Quartararo
  10. Franco Morbidelli
  11. Aleix Espargaro
  12. Miguel Oliveira.

(sfn/lth)

Membagikan
Exit mobile version