Kamis, Oktober 10


Jakarta

Kreasi makanan viral banyak bermunculan di TikTok, termasuk pancake orak-arik. Meski viral baru-baru ini, ternyata sajian aslinya sudah ada sejak dulu lho!

Pancake merupakan salah satu kue yang biasa dinikmati sebagai menu sarapan dan dessert. Umumnya, pancake berbentuk bundar dan disajikan dengan beragam topping menggugah selera.

Kreasi pancake juga sangat beragam, bahkan ada yang terbilang nyeleneh. Seperti halnya souffle pancake yang viral di Indonesia.


Dilansir dari Today (27/9), terbaru juga ada pancake orak-arik yang tak kalah menarik. Sajiannya juga mirip telur orak-arik, karena proses pembuatannya mengaduk adonan hingga hancur.

Pancake orak-arik itu awalnya diperkenalkan oleh pengguna TikTok dengan akun @archivedchef pada Juni lalu. Kreasi pancake orak-arik itu langsung mencuri perhatian netizen.

kreasi pancake orak-arik Foto: iStock/site news

Netizen TikTok itu juga menyebutkan kalau selama ini salah membuat pancake. Harusnya mengikuti proses pembuatan seperti yang dibagikan dalam video tersebut.

“Tahukah kamu bahwa seharusnya mengacak pancake seperti mengacak telur?” tanya netizen tersebut.

“Cara ini jauh lebih mudah. Kamu tak perlu khawatir lagi jika bentuknya tidak lingkaran sempurna,” lanjutnya.

Kreasi pancake orak-arik itu tetap disajikan layaknya pancake biasa. Dalam video terlihat bagaimana penyajian pancake itu, diberikan sirup maple, gula halus, krim kocok, dan buah blueberry segar.

“Saya menambahkan gula halus, krim kocok, blueberry, dan tentu saja sirup di atasnya,” ujar netizen dengan akun @archivedchef.

“Seperti yang kalian lihat, ini terlihat lebih baik daripada pancake biasa,” lanjutnya/

Ternyata, pancake orak-arik ini memang ada sejak lama. Hanya saja belum lama ini kreasi pancake-nya viral di TikTok.

Kreasi pancake ini dinamakan kaiserschmarrn, berupa hidangan pancake robek yang ditaburi kismis dan direndam rum. Nama pancake ini berasal dari kata Jerman, yaitu ‘kaiser’ yang berarti ‘kaisar’ dan ‘schmarrn’ yang berarti ‘berantakan’.

(yms/odi)

Membagikan
Exit mobile version