Kamis, September 19


Jakarta

Memasuki Festival Musim Gugur, ada banyak mooncake yang dijual. Bahkan kini kotak kosong bekas mooncake dijual sampai puluhan juta rupiah.

Mooncake atau kue bulan selalu erat kaitannya dengan perayaan festival pertengahan musim gugur. Festival Mid-Autumn atau Festival Pertengahan Musim Gugur tahun ini jatuh pada tanggal 17 September. Peringatan ini terbilang spesial di budaya China dan perayaan terpenting kedua setelah Imlek.

Tak lengkap rasanya merayakan Festival Pertengahan Musim Gugur tanpa kehadiran mooncake. Kue bulan ikonik untuk rayakan festival.


Ilustrasi Mooncake. Foto: detikFood

Bagi orang China, festival ini dianggap sebagai waktu untuk kumpul dengan keluarga, kerabat dan teman-teman sambil menikmati kue bulan. Kini mooncake sangat mudah ditemui, kue bulan klasik ataupun kekinian dijual di banyak toko kue dan bakery.

Beberapa brand ternama juga sering meluncurkan mooncake edisi terbatas sehingga harganya lebih mahal dibandingkan mooncake lainnya.

Dilansir dari Shin Min Daily News & AsiaOne (16/09), di Singapura ternyata yang dijual bukan kue mooncake saja, melainkan kotak bekas mooncake pun dijual di toko online. Meski hanya kotak bekas, tapi kisaran harga yang ditawarkan cukup tinggi dari SGD 320 – SGD 2,088 (Rp 3,8 juta – Rp 24,8 juta).

Harga Kotak Kosong Bekas Mooncake Ini Mencapai Rp 24,8 Juta Foto: Site News

Ternyata alasannya karena kotak-kotak bekas mooncake ini diproduksi oleh brand mewah. Seperti kotak mooncake keluaran brand jam tangan mewah yaitu Audemars Piguet, dijual di toko online dengan harga SGD 1,800 (Rp 21,3 juta) karena dianggap sebagai barang mewah.

Kotak mooncake ini sebenarnya edisi Festival Musim Gugur 2023, bagian luarnya menyerupai tabung berwarna hijau tua dengan logo Audemars Piguet di depannya.

Harga kotak ini belum seberapa dengan harga kotak bekas mooncake milik Audemars Piguet edisi 2024. Harga kotak ini mencapai SGD 2,088 di situs Carousel atau sekitar Rp 24,8 juta.

Harga Kotak Kosong Bekas Mooncake Ini Mencapai Rp 24,8 Juta Foto: Site News

Selain karena kotak-kotak bekas mooncake ini berasal dari brand mewah, kotak ini juga dianggap sebagai barang kolektor. Karena Audemars Piguet tidak menjual mooncake di toko mereka, melainkan memberikan mooncake ini kepada pelanggan tertentu mereka.

Sehingga banyak orang yang menjualnya kembali dengan harga mahal karena tidak bisa didapatkan di manapun.

Meski begitu peminat dari kotak-kotak bekas mooncake ini tetap banyak di Singapura, terutama bagi kolektor barang mewah dari brand tertentu.

(sob/odi)

Membagikan
Exit mobile version