Jumat, Oktober 25

Jakarta

Para arkeolog menemukan sebuah kota yang hilang di hutan hujan Amazon. Kota yang tersembunyi di lebatnya Amazon ini berasal dari abad ke-18.

Menurut Eduardo Neves, direktur Museum Arkeologi dan Etnografi di Universitas Sao Paulo yang memimpin tim peneliti, pemukiman Portugal ini sebelumnya muncul di beberapa peta, tetapi lokasi pastinya tidak diketahui.

“Kota ini ditinggalkan, hutan mengambil alih, dan balok-balok batunya disingkirkan. Kami dapat mengidentifikasi tata letak jalan-jalan di kota ini, yang merupakan penemuan menarik,” kata Neves, seperti dikutip detikINET dari Newsweek.


Penjajahan di wilayah yang sekarang dikenal sebagai Brasil dimulai tahun 1.500 ketika penjelajah Pedro Álvares Cabral mengklaim tanah tersebut untuk Portugal. Selama tiga abad berikutnya, Portugal membangun pemerintahan kolonial yang mengeksploitasi sumber daya alam Brasil, seperti gula, emas, dan kopi, dengan memanfaatkan tenaga kerja budak dari Afrika.

Koloni ini berkembang menjadi aset ekonomi utama bagi Portugal, tetapi pada awal abad ke-19, di bawah kepemimpinan Pangeran Dom Pedro I, Brasil mendeklarasikan kemerdekaannya, mengakhiri pemerintahan kolonial selama lebih dari 300 tahun.

Penemuan kota kolonial di Amazon ini diumumkan dalam sebuah acara di Museum Amazon di Manaus, sebagai bagian dari proyek Amazônia Revelada. Proyek ini bertujuan untuk mengidentifikasi situs arkeologi di berbagai wilayah Amazon dengan menggabungkan teknologi canggih dan pengetahuan tradisional masyarakat lokal.

“Kami ingin mendokumentasikan situs arkeologi ini agar menjadi bagian dari warisan kami dan menciptakan lapisan perlindungan tambahan untuk wilayah ini,” ujar Neves.

Proyek ini melibatkan dua strategi yang saling melengkapi. Pertama, survei hutan hujan menggunakan teknologi LIDAR untuk mengidentifikasi situs arkeologi yang tersembunyi oleh vegetasi.LIDAR adalah metode penginderaan jauh yang menggunakan pulsa laser untuk menghasilkan model 3D dari lanskap, memungkinkan pemetaan topografi lahan dan pengungkapan fitur buatan manusia yang tidak terlihat.

Kedua, survei dilakukan oleh peneliti lokal yang merupakan anggota masyarakat adat dan tradisional yang tinggal di wilayah tersebut. Mereka akan mencatat situs-situs arkeologi atau tempat-tempat yang penting bagi masyarakat.

Wilayah Amazon telah dihuni setidaknya selama 11.000-12.000 tahun, meskipun artefak yang lebih tua menunjukkan kemungkinan adanya pemukiman yang lebih awal, sehingga dapat mendorong garis waktu kembali hingga 13.000 tahun yang lalu atau lebih.

Masyarakat adat telah mengembangkan komunitas yang kompleks di Amazon jauh sebelum kontak dengan Eropa, dengan bukti adanya komunitas besar, praktik pertanian, dan teknik pengelolaan lahan yang canggih.

Teknologi LIDAR sebelumnya digunakan untuk mendokumentasikan situs arkeologi yang tersembunyi di Amazon. Sebuah studi tahun lalu di jurnal Sains melaporkan penemuan dua lusin konstruksi kuno yang tersembunyi di bawah kanopi hutan hujan Amazon. Konstruksi ini merupakan pekerjaan tanah yang dibangun pada era pra-Columbus, mewakili sisa-sisa berbagai situs dan bangunan yang dibangun oleh masyarakat adat kuno.

Pekerjaan tanah yang sebelumnya tidak diketahui mencakup sisa-sisa kota, desa berbenteng, struktur pertahanan dan seremonial yang dikenal sebagai geoglyph, serta lokasi di tepi sungai di dataran banjir yang mungkin digunakan untuk mengumpulkan makanan air, di antara konstruksi lainnya, menurut penelitian.

*Artikel ini ditulis oleh Dita Aliccia Armadani, peserta Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom.

(fyk/fyk)

Membagikan
Exit mobile version