Selasa, Juli 2


Jakarta

Inilah kota-kota yang paling layak huni di dunia untuk tahun 2024. Namun sayang tidak ada Indonesia di dalamnya. Kota-kota ini mendapat skor tinggi dalam berbagai indikator.

Mengutip CNN, Jumat (28/6/2024), kota ini dianggap sebagai salah satu kota terindah di dunia untuk dikunjungi. Dan kini, Wina juga dinobatkan sebagai tempat yang tidak ada duanya untuk ditinggali.

Kota di Austria ini kembali dinobatkan sebagai kota yang paling layak huni di dunia dalam daftar tahunan Economist Intelligence Unit (EIU). Organisasi yang bernaung di bawah The Economist itu memberi peringkat pada 173 kota di seluruh dunia berdasarkan beberapa faktor penting.


Aneka kota akan diperingkat berdasar layanan kesehatan, budaya dan lingkungan, stabilitas, infrastruktur dan pendidikan. Wina menduduki peringkat teratas selama tiga tahun berturut-turut. Ia menerima nilai sempurna dalam empat dari lima kategori.

Kota ini hanya mendapat nilai rendah dalam kategori budaya dan lingkungan karena kurangnya acara olahraga.

Tepat di belakang ibu kota Austria ada Kopenhagen di Denmark. Ia mempertahankan posisi kedua, sementara Zurich di Swiss naik dari posisi keenam ke posisi ketiga dalam daftar.

Melbourne di Australia turun dari peringkat ketiga ke peringkat keempat, sementara Kota Calgary di Kanada berada di posisi kelima bersama dengan Kota Jenewa di Swiss.

Vancouver di Kanada dan Sydney di Australia berada di posisi ketujuh. Lalu, Kota Osaka di Jepang dan Auckland di Selandia Baru melengkapi 10 besar di posisi kesembilan.

Di Asia, Hong Kong mengalami peningkatan skor terbesar sejak tahun lalu, naik dari peringkat ke-61 ke 50 berkat peningkatan dalam hal stabilitas dan skor layanan kesehatan.

Kota-kota di Uni Emirat Arab mengalami peningkatan skor terbesar tahun ini, dengan Abu Dhabi dan Dubai yang naik peringkat, serta Riyadh, Jeddah, dan Al Khobar di Arab Saudi yang juga mengalami peningkatan yang signifikan.

Berikut kota dengan Global Liveability Index tertinggi pada tahun 2024:

1. Wina, Austria
2. Kopenhagen, Denmark
3. Zurich, Swiss
4. Melbourne, Australia
5. Calgary, Kanada
5. Jenewa, Swiss
7. Sydney, Australia
7. Vancouver, Kanada
9. Osaka, Jepang
9. Auckland, Selandia Baru.

(msl/fem)

Membagikan
Exit mobile version