Selasa, Oktober 8


Pyongyang

Korea Utara lagi-lagi bikin gerakan di bidang pariwisata. Kali ini ada iklan yang mempromosikan pariwisata Korut, tapi malah menjadi bulan-bulanan netizen.

Kampanye pariwisata negara melalui iklan adalah salah satu cara agar turis yang berada di negara lain bisa tertarik datang ke sana. Tak jarang, biayanya mahal karena mengambil banyak tempat dan model yang piawai.

Namun beda cerita dengan Korea Utara. Sebuah iklan pariwisata muncul di platform Reddit dengan utas ‘r/northkorea’. Video itu memicu ratusan komentara karena diduga minim budget, karena tampilannya mengecewakan.


Dikutip dari NDTV pada Senin (7/10/2024), video tersebut diketahui berada di Pantai Majeon, Provonsi Hamgyong Selatan, Korea Utara. Iklan tersebut dimulai dengan seorang wanita muda Rusia berambut pirang yang membuka tirai kamar hotelnya untuk memperlihatkan pantai yang disinari matahari. Setelah berolahraga ringan dan berjalan-jalan di sepanjang pasir, ia bergabung dengan sekelompok orang Rusia lainnya untuk menghabiskan hari di pantai.

Kelompok tersebut terlihat berenang, mengendarai jet ski, berlari dengan canggung, dan bermain voli pantai. Dua wisatawan melakukan wawancara di tepi pantai dalam bahasa Rusia, tetapi suara mereka hampir tenggelam oleh suara ombak.

Banyak pengguna Reddit menyatakan ketidakpercayaannya bahwa sebuah badan pariwisata Korea Utara akan mempromosikan wanita berbikini, sebuah tindakan yang ilegal di negara tersebut. Yang lain mencatat kekosongan yang meresahkan dari rekaman tersebut, karena sebagian besar klip tidak menampilkan orang di latar belakang.

“Begitu banyak penduduk setempat yang bahagia di sekitar,” sindir seorang netizen.

“Sungguh luar biasa bagaimana pantai Korea Utara terlihat seperti jalanan Korea Utara yang kosong,” timpal yang lain.

Beberapa berspekulasi bahwa resor pantai tersebut mungkin khusus untuk wisatawan, yang mungkin menjelaskan pengabaian terhadap larangan bikini. Yang lain mengkritik kualitas produksi iklan tersebut.

Video tersebut tampaknya direkam dengan kamera berkualitas rendah, tidak memiliki mikrofon atau teknik penyuntingan yang canggih. Banyak warganet menganggap suasana aneh lokasi tersebut lucu.

Seorang komentator menulis, “Jika saya pergi ke sini, saya akan menghilang 1000%.”

Meskipun suasana iklan tersebut aneh, netizen mungkin bertanya-tanya mengapa badan pariwisata Korea Utara secara khusus menargetkan orang Rusia. Jawabannya karena hubungan kerja sama yang menguat dalam beberapa tahun. Bahkan, Korea Utara terang-tengan memihak Rusia dalam invasi ke Ukraina.

(bnl/fem)

Membagikan
Exit mobile version