Jumat, September 27

Jakarta

Selain bisa meningkatkan cita rasa, kopi yang dicampur susu juga bermanfaat untuk kesehatan. Paduan tersebut ampuh mengatasi nyeri sendi.

Kopi susu sangat digandrungi anak-anak muda. Tak heran jika sekarang semakin banyak brand kopi susu di Indonesia. Minum kopi susu pun kini menjadi gaya hidup.

Meski begitu, kopi susu kerap dipandang sebelah mata. Campuran susu dinilai dapat merusak rasa kopi dan tidak sehat, karena menambah jumlah kalori.


Namun, sebuah penelitian justru menemukan manfaat kopi susu untuk kesehatan. Dilansir dari Times of India (04/02/24) berikut penemuan para peneliti.

1. Mengatasi pembengkakan

Kopi susu tanpa gula ternyata bisa meredakan nyeri sendi. Foto: iStock

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, kopi susu dapat mengurangi pembengkakan pada tubuh.

Itu karena kopi dan susu sama-sama mengandung nutrisi penting. Susu mengandung asam amino dan kopi mengandung antioksidan yang disebut sebagai polifenol.

Kombinasi kedua elemen tersebut mampu meredakan pembengkakan dan nyeri pada persendian yang biasa disebabkan oleh radang sendi, bakteri, atau trauma.

2. Meningkatkan rasa kopi

Alih-alih merusak rasa kopi, campuran susu justru dapat meningkatkan rasa kopi itu sendiri. Susu berperan menyeimbangkan pH asam pada kopi untuk mengurangi keasaman.

Ini juga dapat menjadi solusi bagi penikmat kopi yang sensitif terhadap kafein. Kopi hitam kaya akan kafein, tetapi jika terlalu banyak dikonsumsi juga ada efek sampingnya.

Tubuh akan sulit menyerap mineral dari makanan, seperti zat besi, kalsium, dan seng. Selain itu, juga mempengaruhi pola tidur. Karenanya kopi akan lebih baik jika dicampur susu.

Manfaat kopi susu ada di halaman selanjutnya.

Simak Video “Video: Bersantai Ditemani Kopi Susu Anggur di Majalengka
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version