Kamis, Juli 4

Jakarta

Meskipun kebun kopi banyak tersebar di berbagai penjuru dunia, tetapi masih ada varietas yang terbilang sangat langka. Seperti 5 varietas kopi ini!

Dalam industri kopi, rupanya ada sejumlah kopi yang langka. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kelangkaan kopi.

Sebagian besar biji kopi langka berasal dari lokasi yang jauh. Biasanya biji kopi ini juga langka karena produksinya terbatas dan menjalani metode pemrosesan, fermentasi, dan pengolahan yang unik.


Kopi langka memiliki karakteristik rasa yang lebih unik, tidak seperti biji kopi utuh atau kopi bubuk yang ada di pasaran. Sebagian besar mengalami semacam fermentasi dan penuaan selama pemrosesan, yang membuat rasanya semakin meningkat.

Namun, karena keterbatasan tersebut, kopi ini harganya tidak murah.

Meskipun begitu, bukan berarti semua kopi langka memiliki kualitas rasa yang baik. Sebab, setelah dipanen, biji kopi ini tidak diolah dengan benar oleh lahan pertanian.

Pada akhirnya, kualitas biji kopi akan didapat dari bagaimana kopi itu ditanam, dipanen, diolah, dipanggang, dan diseduh.

Lantas, kopi apa saja yang masuk kedalam kategori langka? Apakah ada biji kopi dari Indonesia? Melansir coffeeness.de, berikut daftarnya!

1. Black Ivory Thailand

Black ivory coffee juga menjadi salah satu kopi terlangka di dunia. Foto: Black Ivory Coffee Company

Black Ivory atau kopi gading hitam asal Thailand juga menjadi salah satu yang terlangka. Untuk memanen kopi ini, petani menunggu gajah Asia mengunyah buah kopi berkualitas langsung dari sumbernya.

Buah koi ini melewati sistem pencernaan gajah dan mengalami semacam fermentasi alami. Setelah gajah mengeluarkan kotoran, biji kopi tersebut pun diambil, disanitasi, dan dicuci, sebelum dikeringkan di bawah sinar matahari.

Meskipun asal usulnya dari kotoran gajah, tetapi kopi ini dikenal punya perpaduan aroma buah, cokelat, rempah-rempah, malt, dan ceri. Mereka juga dikenal kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Harganya dijual $1.000 atau sekitar Rp 16 juta per pon.

2. Kopi luwak

Bukan dari Luwak, Kopi Mahal Ini Diproduksi dari Kotoran Burung JacuKopi luwak juga tergolong langka karena melalui proses yang cukup sulit. Foto: Site News

Kopi luwak dari indonesia juga masuk ke dalam daftar kopi langka.

Kopi ini berasal dari musang yang memakan buah kopi dan mencerna lapisan daging buah. Nanti biji kopinya akan keluar bersama dengan kotoran luwak.

Biji kopi itu akan dikumpulkan segera, kemudian dibersihkan, dan dijemur hingga kelembabannya mencapai sekitar 12 persen.

Kopi ini juga dijual dengan harga yang tinggi di pasaran. Bahkan, ada yang menjualnya dengan harga mencapai $400 atau sekitar Rp 6,5 juta per pon.

Penasaran dengan kopi terlangka lainnya? bisa dilihat pada halaman selanjutnya!

Simak Video “Kopi Kethip, Kebun Angker yang Disulap Jadi Angkringan
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version