Selasa, Oktober 22

Jakarta

Prabowo Subianto punya jenis kopi spesifik yang menjadi favoritnya. Sering kali ia memperkenalkan racikan kopi ini, bahkan menyuguhkan kepada para tamu yang datang ke kediamannya.

Prabowo Subianto resmi dilantik sebagai presiden Republik Indonesia (RI) pada Minggu, 20 Oktober 2024. Segala hal mengenai dirinya pun kembali menarik dibahas, termasuk makanan dan minuman favoritnya.

Pria 73 tahun ini ternyata seorang penggemar kopi. Ia mengatakan suka satu jenis kopi spesifik yang berasal dari wilayah tempat tinggalnya.


Kopi ini dinikmati Prabowo dengan cara menyehatkan yaitu menggunakan tambahan rempah. Ia juga pernah memperkenalkan kopi favoritnya dalam wawancara dan forum besar.

Tak jarang, tamu yang menemui dirinya turut disuguhi kopi favorit Prabowo. Begini fakta menarik soal Prabowo dan kopi Hambalang yang amat disukainya:

1. Karakteristik kopi Hambalang

Kopi Hambalang yang jadi favorit Prabowo. Foto: Instagram Dahnil Anzar Simanjuntak

Cerita Prabowo dan kopi favoritnya terungkap dalam podcast dirinya bersama Deddy Corbuzier sekitar Juni 2021. Saat itu Prabowo masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan.

Di tengah obrolan, Prabowo meminta izin untuk menyeruput secangkir kopi racikannya yang disebut sebagai kopi Hambalang. Kopi ini memang belum seterkenal kopi Aceh atau Toraja, tapi rasanya tak kalah nikmat.

Kopi Hambalang kabarnya dibuat dengan jenis Arabica. Untuk karakter rasanya, kopi ini dikenal punya semburat rasa fruity dan ada sensasi karamel manisnya. Kopi Hambalang mirip dengan kopi Bogor kebanyakan yang rasanya agak pahit.

2. Kebiasaan Prabowo minum kopi Hambalang

Masih dalam podcast Deddy Corbuzier, Prabowo juga mengungkap kebiasaan minum kopinya. Ia menghindari minum kopi terlalu malam.

Batas minum kopinya sekitar pukul 18.00 WIB. Namun lain cerita kalau keesokan harinya ia libur, jadi sruput kopi bisa kapanpun. “Malam nggak, saya harus berhenti jam 5 jam 6 (sore) lah. Paling terakhir jam 6,” aku Prabowo.

Dalam wawancara bersama Najwa Shihab, Prabowo juga pernah mengungkap frekuensi minum kopinya. Ia bisa minum 3-4 cangkir kopi setiap hari.

Kebiasaan ini masih dalam batas aman menurut para pakar kesehatan. Sebab menurut Mayo Clinic, asupan 400 mg kafein per hari masih aman untuk sebagian besar orang dewasa. Jumlah ini kira-kira setara dengan 4 cangkir kopi. Ukuran cangkir ini diambil dari patokan kopi yang diseduh di cangkir ukuran 236 ml. Per cangkirnya mengandung sekitar 95 mg kafein.

3. Racikan sehat kopi Hambalang ala Prabowo

Kopi semakin menyehatkan saat ditambahkan kayu manis. Foto: Getty Images

Selain memerhatikan porsi dan waktu minumnya, Prabowo juga menambah nilai sehat pada kopi Hambalang. Ia tidak minum kopi dengan susu, krimer, atau pemanis lainnya.

Dalam podcast bersama Deddy Corbuzier, ia mengatakan lebih pilih menambahkan kayu manis ke seduhan kopinya. Ia bilang kayu manis bertindak sebagai pemanis alami yang menawarkan manfaat sehat.

Melansir Well and Good (21/5/2024), Dr. Bulsiewicz menjelaskan campuran kayu manis pada kopi hitam dapat membuat kopi jadi lebih ramah usus. Salah satunya karena kandungan polifenol yang tinggi.

“Polifenol juga bersifat prebiotik, artinya dapat membentuk mikrobioma (yang baik untuk usus),” jelas Dr. Bulsiewicz.

Membagikan
Exit mobile version