Selasa, Oktober 1


Jakarta

Penyanyi sekaligus konten kreator Rafael Tan menceritakan titik balik kariernya. Kini, ia banting setir menjadi pengusaha kuliner.

Mengingat masa-masa pandemi dulu, anggota grup boyband SM*SH itu sampai tak memiliki tawaran pekerjaan sama sekali hingga dirinya memutuskan untuk pulang kampung ke Garut, Jawa Barat.

“Waktu pandemi kan memang nggak ada kerjaan sama sekali. Akhirnya udah aku memutuskan untuk pulang ke Garut,” kata Rafael Tan saat ditemui di Studio Trans TV, Tendean, Jakarta Selatan, Senin (30/9/2024)


Saat di kampung halamannya itu, pemilik nama lengkap Rafael Landry Tanubrata itu sempat mencoba peruntungan untuk menjadi konten kreator. Namun, hal tersebut tidak berhasil.

“Kalau yang teman-teman yang lain, dari social media-nya bisa tuh. Tapi pas aku coba juga nggak bagus-bagus bangetlah insight-nya waktu itu di social media,” terang Rafael Tan.


Sempat frustrasi, pria yang kini berusia 37 tahun itu kepikiran untuk menjual aset-asetnya demi bertahan hidup.

“Sempat mikir juga buat jual-jual aset kayak mobil, terus dari situ juga aku yang kayak banyak waktu untuk ngobrol sama Tuhan,” ujar Rafael Tan.

Setelah berserah diri pada Tuhan, ia tak menyangka konten iseng membuat seblak rumahannya viral. Hal tersebut menjadi titik balik kariernya.

“Dengan ketidaksengajaan bikin konten seblak ternyata kontennya meledak. Akhirnya kasih rezekinya Tuhan dari sisi ini. Itu titik balik kembali. Balik lagi ke Jakarta. Bikin konten-konten,” ungkap Rafael Tan bersyukur.

(ahs/pus)

Membagikan
Exit mobile version