Jumat, Juni 28


Jakarta

Ada 70 butir paku berukuran variasi ‘bersarang’ di lambung seorang pria berinisial SH (22) di Kabupaten Indramayu. Beberapa paku yang tertelan tersebut diketahui sudah berkarat.

Untuk mengeluarkan paku-paku tersebut, dokter melakukan operasi pada pasien selama dua jam pada hari Sabtu (22/6/2024). Rata-rata ukuran paku di dalam perut ODGJ itu mencapai 4-7 sentimeter.

“Kondisinya pada saat itu memang sudah berkarat dan kondisinya sudah berkumpul menjadi satu di dalam lambung,” kata Direktur RSUD Indramayu, dr Deden Bonni Koswara, Senin (24/6/2024), dikutip detikJabar.


Paku yang sempat bersarang di tubuh pemuda Indramayu Foto: Istimewa

dr Deden menduga, pasien yang juga termasuk orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) itu tidak memakan paku secara bersamaan. Selama kurun waktu satu tahun belakangan pasien diduga sudah mengkonsumsi benda tajam tersebut.

Selain paku, dokter juga menemukan sejumlah benda tajam lainnya seperti jarum pentul juga ditemukan dalam tubuh pasien selama operasi. Bahkan, jarum itu sudah berada di dalam usus bagian bawah.

Beruntung, operasi tersebut berjalan lancar dan puluhan butir paku berhasil diangkat. “Operasi dilakukan hari Sabtu ya sekarang dirawat di ruang Manalagi 1 dan kondisinya baik,” jelasnya.

LANJUTKAN MEMBACA DI SINI

(suc/suc)

Membagikan
Exit mobile version