Senin, September 30


Bogor

Media sosial dikejutkan dengan video pengunjung Taman Safari yang memberi kuda nil plastik sampah. Taman Safari menyampaikan kondisi terkini si kuda nil.

Lewat unggahan Instagram resmi pada Sabtu (22/6), Taman Safari Indonesia (TSI) memberikan pernyataan terkait video pengunjung yang memberi makan seekor kuda nil.

“Dengan ini kami menyampaikan bahwa kejadian terkait video yang sedang beredar, pengunjung memberikan benda asing ke dalam mulut kuda nil, kami prihatin dan kejadian ini tidak dapat ditolerir,” tulis Taman Safari.


TSI menjelaskan bahwa petugas yang berada di lokasi secara proaktif langsung mengeluarkan benda plastik tersebut dari mulut kuda nil sesuai tata cara dan prosedur yang ada di TSI.

[Gambas:Instagram]

“Berkat laporan dari pengunjung lain, tim life and sciences dari TSI beserta dengan tim perawat satwa melakukan pengecekan kondisi kuda nil dan kondisinya dalam keadaan baik,” sambungnya.

Lebih lanjut, Taman Safari Indonesia Group berkomitmen untuk menjaga, merawat, dan mengembangkan satwa liar di lembaga konservasi ex-situ, sehingga tidak akan menolerir kejadian atau hal-hal yang tidak sesuai dengan sop.

Satwa yang ada di Taman Safari Indonesia termasuk satwa yang dilindungi oleh undang-udang perlindungan satwa, Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya. Undang-undang ini memiliki implikasi hukum jika tidak ditaati oleh pengunjung.

“Kami sangat menyambut baik respon dan kecintaan para pengunjung Taman Safari Indonesia terhadap satwa yang ada di tempat kami dan antusiasme yang luar biasa, sehingga di musim liburan atau di hari-hari biasa tempat kami ramai dikunjungi, kami juga mengimbau kepada pengunjung untuk menerapkan peraturan sesuai sop yang kami miliki sehingga kenyamanan, keamanan dan keselamatan satwa sejalan dengan kebahagiaan pengunjung,” jawab TSI.

Sebelumnya, video pendek berdurasi kurang dari satu menit itu awalnya memperlihatkan rombongan wisatawan dengan mobil Daihatsu Sigra berwarna abu-abu. Tampak dalam mobil itu ada sejumlah pemuda.

Tepat di bagian kuda nil, anak-anak muda itu mencoba memberi makan hewan tersebut dengan wortel. Awalnya, kuda nil itu tidak langsung membuka mulutnya.

Namun setelah beberapa kali mencoba menyuapi kuda nil itu dengan wortel, akhirnya si kuda nil membuka mulutnya. Namun, seseorang dari mobil itu malah melemparkan plastik sampah berwarna putih ke dalam mulut kuda nil malang itu.

Kuda nil itu kemudian memasukkan plastik sampah itu dan menelannya. Video kemudian berakhir. Video tersebut direkam oleh pengunjung lain yang berada di belakang mobil sekelompok pemuda itu.

Sampai saat ini belum diketahui identitas sekelompok pemuda tersebut. Plat nomor mobil dalam video itu juga tidak nampak sepenuhnya.

(bnl/bnl)

Membagikan
Exit mobile version