Sabtu, September 28


Jakarta

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid menyoroti Pusat Data Nasional (PDN) RI yang mengalami gangguan dan tengah dilakukan pemulihan. Komisi I DPR RI sebagai mitra kerja Kemenkominfo meminta pihak terkait segera menyelesaikan masalah.

“Saya sebagai mitra tentu amat prihatin dan kita ingin Kemkominfo bisa segera menyelesaikannya. Yang penting juga untuk menjelaskan sesungguhnya apa yang terjadi,” kata Meutya di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Minggu (23/6/2024).

Meutya mengatakan pihak Kemenkominfo mesti menjelaskan alasan sistem PDN tersebut bisa terjadi gangguan. Untuk saat ini, menurut dia, Komisi I mempersilakan Kemenkominfo untuk fokus menyelesaikan masalah.


“Apakah ini malfungsi dari Pusat Data Nasional? Atau memang ada serangan gitu? Tapi kita biarkan Kominfo untuk fokus menyelesaikan masalah,” ujar Ketua DPP Partai Golkar ini.

“Saya tidak mau juga terlalu keras mengkritik dan tidak perlu dijawab langsung karena yang paling utama harus langsung dilakukan Kemkominfo saat ini adalah mencari tahu penyebab sehingga tahu bagaimana untuk bisa menanggulangi ini segera,” sambungnya.

Meutya mengatakan jangan sampai nama Indonesia menjadi buruk di mata dunia, terlebih sistem ini juga langsung berkaitan dengan wisatawan mancanegara.

“Ini menjadi penting karena ini berkaitan dengan nama baik Indonesia. Kita tahu para wisman, wisatawan asing juga terdampak. Jadi kita ingin Kemkominfo mudah-mudahan Kemkominfo dan saya yakin Kemkominfo dapat menyelesaikan masalah ini dengan segera,” sambungnya.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menginformasikan saat ini tengah terjadi gangguan kesisteman pada Pusat Data Nasional (PDN). Budi menyebut gangguan itu berdampak pada beberapa layanan publik.

“Memang betul bahwa sedang terjadi gangguan pada Pusat Data Nasional yang berdampak pada beberapa layanan publik,” kata Budi Arie kepada wartawan, Kamis (20/6/2024).

Budi menerangkan, saat ini Kemenkominfo tengah melakukan pemulihan layanan secara bertahap. Dia menegaskan timnya akan bekerja secara optimal untuk mempercepat pemulihan layanan publik.

“Saat ini kami sedang melakukan pemulihan layanan secara bertahap. Saya pastikan saat ini tim sedang bekerja secara optimal untuk mempercepat pemulihan,” kata Budi.

Ditjen Imigrasi menyampaikan turut terdampak gangguan kesisteman pada PDN. Gangguan itu mengakibatkan layanan keimigrasian terganggu.

Informasi itu disampaikan oleh akun Instagram Ditjen Imigrasi, seperti dilihat detikcom, Kamis (20/6). Dalam unggahannya, Ditjen Imigrasi menjelaskan soal gangguan tersebut.

“Sahabat Mido, saat ini sedang terjadi gangguan kesisteman pada Pusat Data Nasional (PDN) sehingga berdampak pada seluruh layanan keimigrasian,” ucap Ditjen Imigrasi.

Simak juga Video ‘Menkominfo soal Pembentukan Dewan Media Sosial: Bukan Ide Sembarangan!’:

[Gambas:Video 20detik]

(dwr/azh)

Membagikan
Exit mobile version