Selasa, Juli 2

Jakarta

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus mendorong transformasi digital yang kini dilakukan dengan menggandeng raksasa teknologi IBM Indonesia.

Dalam upaya untuk memperkuat ekosistem startup digital di Indonesia, Kominfo melalui Startup Studio Indonesia (SSI) mengumumkan peluncuran SSI X, yakni inisiatif yang dirancang untuk mendukung startup digital dalam akselerasi produk.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, mengatakan bahwa program ini diharapkan dapat menjadi katalis dalam mempercepat pertumbuhan dan inovasi di sektor startup Indonesia.


“SSI X dibentuk sebagai respons terhadap tantangan yang dihadapi oleh startup tahap awal dalam mengatasi ketidakpastian pasar dan untuk mendorong akselerasi perkembangan startup Indonesia,” ujar Semuel di Jakarta, Kamis (27/6).

Ini juga sebagai cara Kominfo untuk mewujudkan ekosistem startup nasional yang memfasilitasi knowledge sharing dan kolaborasi. Dengan menggandeng IBM, startup Indonesia akan mampu mengembangkan kesiapan dan kemampuan keamanan siber dalam mengoptimalkan manfaat dari AI dan emerging technology lainnya.

Disampaikannya, SSI X akan memberikan kesempatan bagi lembaga pemerintah dan swasta untuk berpartisipasi aktif dalam pertumbuhan founder dan perusahaan startup digital.

“Melalui dukungan dari tim founder atau product team yang berpengalaman, SSI X bertujuan untuk menyediakan informasi dan bimbingan praktis dalam membangun produk teknologi dan proyeksi finansial,” ungkap Semuel.

Pada kesempatan ini juga, Kominfo mengumumkan startup yang lolos program akselerator SSI ke-9.

Daftar 10 Startup yang lolos ke program SSI x IBM:

1. Algobash (Platform penilaian untuk karyawan)
2. Amtiss (Sistem monitoring operasional dan maintenance alat berat)
3. BETA-UAS, (Penyedia desain pembuatan pesawat tanpa awak)
4. Botika (Perusahaan penyedia layanan chatbot, voicebots dan solusi omnichannel)
5. Chickin (Perusahaan agritech yang menyediakan solusi terintegrasi untuk peternak ayam broiler)
6. DoctorTool (Startup penyedia Sistem Informasi Manajemen (SIM) untuk fasilitas kesehatan)
7. Investly.id (Platform riset investasi & analisis manajemen portofolio)
8. Safelog.ai (Startup penyedia tools pemeriksaan latar belakang karyawan)
9. TruClimate (Startup teknologi iklim)
10. Untukmu.ai (Startup penyedia rekomendasi hadiah berbasis AI).

(agt/rns)

Membagikan
Exit mobile version