Rabu, September 25

Jakarta

Tsuchinshan-ATLAS C/2023 A3 atau cukup disebut komet A3 akan melintasi langit pada pekan ini. Komet ini akan bersinar cukup terang sehingga dapat dilihat dengan mata telanjang pada akhir September hingga awal Oktober.

Apa Itu Komet A3

Komet A3 adalah komet periode panjang dari Awan Oort, sebuah bola di sekitar Tata Surya yang menjadi rumah bagi jutaan komet. Untuk diketahui, komet A3 berada dalam orbit sekitar 80 ribu tahun. Jadi, ini adalah satu-satunya kesempatan untuk melihatnya.

Komet A3 ditemukan pada Januari 2023 oleh para astronom di Observatorium Tsuchinshan China dan teleskop Asteroid Terrestrial-impact Last Alert System (ATLAS) Afrika Selatan.


Penampakan Komet A3

Komet A3 kemungkinan memiliki ekor debu dan es, serta mungkin punya dua ekor, satu putih dan satu kebiruan. Orientasinya di Tata Surya bagian dalam memungkinkan ekornya memancarkan lebih banyak cahaya ke Bumi, sehingga membuatnya tampak lebih terang.

Kapan dan di Mana Melihat Komet A3

Wilayah belahan Bumi akan memengaruhi kapan pengamat bisa mendapatkan pemandangan terbaik komet A3. Bagi yang berada di belahan Bumi selatan, termasuk Indonesia, pemandangan terbaik kemungkinan akan terjadi sebelum Matahari terbit di sekitar perihelionnya pada 27 September.

Tanggal itu adalah saat terdekat komet A3 dengan Matahari, sehingga kemungkinan besar komet akan berada pada titik paling terangnya, saat berada di konstelasi Leo dan Sextans.

Untuk negara-negara di belahan Bumi utara, kemungkinan besar akan memiliki kesempatan terbaik untuk melihat komet A3 di langit setelah Matahari terbenam sekitar tanggal 12 Oktober, ketika komet tersebut akan berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi.

Komet A3 akan berada di konstelasi Ophiuchus di atas barat, dan secara bertahap memudar seiring berjalannya bulan. Namun, mereka yang berada di belahan Bumi utara memiliki beberapa pilihan lain. Mendekati perihelionnya pada 27 September dan hingga 2 Oktober, komet A3 akan terlihat satu jam sebelum Matahari terbit dari belahan Bumi utara.

Simak Video “Ketika Langit Spanyol Dilintasi Komet
[Gambas:Video 20detik]

(rns/afr)

Membagikan
Exit mobile version