Senin, September 30


Jakarta

Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, Laksmi Dhewanthi menegaskan pentingnya pengelolaan ekosistem hutan secara berkelanjutan. Salah satunya untuk mencapai target pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK) sebesar 31,89% pada tahun 2030.

“Keberlanjutan pengelolaan di sektor ekosistem hutan sangat menentukan. Karena kita punya komitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Jumlahnya cukup besar. Komitmen kita di tahun 2030 kita akan mengurangi (GRK) persentasenya 31,89% dibanding dengan emisi biasa kalau kita tidak melakukan apapun,” katanya dikutip dari tayangan Detik Pagi, Jumat (21/6/2024).

Laksmi menyebut sektor kehutanan adalah kontributor terbesar dalam menyumbang emisi GRK. Selama ini hutan dianggap sebagai penyelamat dari memburuknya iklim akibat emisi karbon. Padahal di sisi lain Persatuan Konservasi Alam Internasional (IUCN) mengungkapkan fakta bahwa hutan sejatinya juga merupakan sumber masalah emisi karbon dunia.


Karena itu, pihaknya meyakini apabila Indonesia berhasil mengelola sektor kehutanan dengan baik dan berkelanjutan, maka emisi GRK bisa lebih ditekan.

“Jadi penting untuk kita memastikan agar pengelolaan hutan kita itu bisa berkelanjutan dan akan mengurangi laju deforestasi yang memang sekarang sudah relatif rendah jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya,” paparnya.

Dia menjelaskan pengelolaan hutan yang berkelanjutan ini bukan lantas melupakan aspek ekonomi, melainkan menjaga agar agenda ekonomi, sosial, dan lingkungan tetap seimbang tanpa meninggalkan salah satunya.

“Yang mana yang harus dilakukan? (Jawabannya) adalah pengelolaan perlindungan lingkungan dan kehutanan yang lestari yang mendorong pertumbuhan ekonomi serta memberikan manfaat untuk sosial ekonomi masyarakat,” tukas Laksmi.

Sebagai informasi, episode Detik Pagi kali ini spesial mengulas informasi seputar Festival LIKE 2 KLHK. Adapun Festival LIKE-2 disponsori oleh Asia Pulp and Paper, Berau Coal Energy, Borneo Indobara, Merdeka Copper Gold, Adaro Energy dan Pertamina.

(ncm/ega)

Membagikan
Exit mobile version