Minggu, September 29


Jakarta

Karoseri bus terkemuka di Indonesia, salah satunya ada Laksana, yang berasal dari Ungaran, Semarang. Berbagai line-up bus berhasil dibuat oleh perusahaan yang telah eksis sejak 1967 itu. Mulai dari bus medium hingga bus besar dengan model double decker, suites, sampai sleeper.

Produk bus Laksana juga sudah jadi pemandangan umum di sejumlah kota Indonesia. Lantaran kerap digunakan sebagai bus perkotaan seperti TransJakarta, bus pariwisata, maupun bus AKAP.

Bus Laksana juga sudah tembus pasar ekspor. Sejumlah busnya telah dikirim ke negara-negara seperti Kepulauan Fiji, Timor Leste, dan Bangladesh. Lantas, kira-kira berapa sih harga bus buatan Laksana?


Kisaran Harga Bus Laksana

Dilansir situs resminya, Laksana mempunyai berbagai model bus yang dipasarkan, yaitu; SR3 Panorama HD, SR3 Panorama XHD, SR3 HD Prime, SR3 XHD Prime, SR2 Double Decker, SR3 Suites Class, SR3 Suites Combi, Discovery, Tourista 2100, Tourista 2300, Cityline3 LE, Cityline3 HD, dan Nucleus.

Direktur Komersial Laksana, Alvin Arman, membeberkan harga pembuatan masing-masing bus tergantung model dan opsi yang diminta konsumen. Untuk bus standar tentu harganya berbeda dengan jenis double decker maupun lainnya.

“Kalau bus besar yang ukuran (panjangnya) 12 meter, itu harganya kira-kira di angka Rp 450-an juta. Kalau buat yang double decker itu bisa sampai Rp 1,5 miliar, lalu untuk yang sleeper class itu bisa di atas Rp 1 miliar,” kata Alvin, dikutip dari catatan detikOto.

Adapun bus yang umum digunakan untuk kelas eksekutif, kisaran harganya sentuh Rp 650 juta. Untuk yang full option bisa antara Rp 750-800 juta.

Lebih lanjut, Alvin mengungkap bahwa range harga tersebut belum termasuk sasis. Harga tertera baru mencakup bodi, interior, dan kursi.

“Ini belum sama sasis ya, karena kita kan karoseri jadi ini harga bodi sama interior dan kursi,” tambahnya.

Di kesempatan lain, Brand & Marketing Communication Laksana, Candra Dewi, mengatakan bus tingkat buatan Laksana dengan tipe SR2 Double Decker dapat mencapai harga Rp 3 miliar. Dan itu sudah termasuk bodi dan sasis.

Menurut Bus & Coach Consultant Laksana, Lang Widya Praba Wasista, untuk bodi dan interior standarnya saja, pembuatan bus Legacy SR2 Double Decker dimulai dari Rp 800 jutaan.

“Tapi harga tersebut belum termasuk chassis, jok, AC, dan penambahan toilet, smoking area, ataupun sleeper cabin, dan penambahan opsional lain,” jelas Lang Widya.

Pada 2021, perusahaan karoseri asal Ungaran, Semarang itu memperkenalkan model bus medium Nucleus 5 yang dilengkapi fasilitas lebih komplet dari generasi sebelumnya. Kala itu, Laksana Nucleus 5 dibanderol dengan harga kisaran Rp 900 juta, sudah termasuk sasis dan bodi.

Perlu diketahui, harga-harga bus Laksana di atas dapat berubah sesuai kebijakan perusahaan. So, kalau detikers berminat bikin bus di Laksana bisa hubungi karoserinya lebih lanjut ya.

(azn/inf)

Membagikan
Exit mobile version