Sabtu, September 28


Christchurch

Traveler wanita bernama Rachel Kennedy menangkap momen istimewa saat ia melihat Aurora Australis dari dalam pesawat yang sedang mengudara di atas langit.

Wanita dari Australia itu mengabadikan momen tersebut saat naik penerbangan Air New Zealand melewati Aurora Australis pada Rabu (25/9) malam.

Ia telah lama mencari dan ingin melihat langsung fenomena alam yang langka itu. Pertama kali ia melihatnya pada bulan Mei lalu, namun pengalaman melihat dari udara sangat lebih menakjubkan.


“Saya telah mengubah tempat duduk saya pada penerbangan saya agar berada di sisi kanan pesawat, untuk berjaga-jaga karena telah mengikuti arahan dari perkiraan Aurora selama berhari-hari,” kata Rachel, seperti dikutip dari The New Zealand Herald, Jumat (27/9/2024).

Rachel yang melakukan rute penerbangan dari Melbourne, Australia ke Christchurch, New Zealand untuk sebuah perjalanan kerja.

Selama naik di dalam penerbangan Air New Zealand NZ216 itu, ia akhirnya berhasil menemukan cahaya langit nan indah tersebut.

“Beberapa foto awal saya hanya menunjukkan lengkungan hijau, tidak lebih dari itu,” ucapnya.

“Saat kapten mematikan lampu dan voila,” ujarnya yang senang karena bisa memfoto dan melihat fenomena itu dengan jelas.

Aurora Australis Foto: (ISS/Instagram)

Setibanya di Christchurch, Rachel mengunggah fotonya di Facebook publik ‘Aurora Australis’ yang beranggotakan 33.300 pengikut. Unggahan itu pun langsung mendapatkan banyak reaksi positif.

“Harusnya saya naik pesawat ini tadi malam,” tulis komentar seseorang.

“Catatan untuk diri sendiri, pesan lebih banyak tiket pesawat,” tulis komentar lainnya.

Dari tangkapan foto yang ia lakukan itu banyak yang menyarankan untuk mengirimkan hasil fotonya ke pihak majalah Air New Zealand, Kia Ora.

Sebagai informasi, Aurora terjadi akibat gangguan magnetosfer oleh angin matahari, yang mengubah lintasan partikel bermuatan dan menciptakan warna-warna cerah di langit.

Aurora Borealis adalah aurora yang lebih dikenal dan terjadi di mana saja dalam radius 2500 kilometer dari Kutub Utara. Menjadikan Norwegia, Islandia adalah tempat yang baik untuk menikmatinya.

Sedangkan Aurora Australis dapat dilihat sepanjang tahun tapi paling umum terjadi selama ekuinoks, pada bulan Maret dan September karena malam yang panjang dan gelap yang meningkatkan kemungkinan melihat cahaya.

Beberapa lokasi terbaik melihat Aurora Australis yakni Great Barrier Island, Wairarapa Dark Sky Reserve, Wai-ti International Dark Sky Reserve, atau seperti yang dilakukan oleh Rachel yakni di dalam pesawat.

(wsw/wsw)

Membagikan
Exit mobile version