Jumat, Oktober 11

Jakarta

Kamu sudah tahu belum, kalau mengetik ‘Solar Eclipse’ di Google akan ada kejutan. Mereka punya cara unik merayakan fenomena alam.

Google membuat animasi spesial untuk memperingati fenomena gerhana matahari total. Jika pengguna mengetik kata ‘Solar Eclipse’ kalian akan melihat animasi pop-up yang menggambarkan momen saat bulan melintasi antara matahari dan bumi, sehingga hanya tampak corona matahari. Menarik bukan?

NASA dan Google Arts & Culture bekerja sama untuk membuat sebuah cerita baru yang berfokus pada ‘Tahun Besar Heliofisika’ NASA. Cerita ini menjelaskan mengapa gerhana matahari tahun ini sangat istimewa dan tidak biasa.


Cerita tersebut juga mengeksplorasi keajaiban teknik yang ada di balik Parker Solar Probe, sebuah wahana luar angkasa yang mengorbit sangat dekat dengan Matahari. Selain itu, cerita ini memberikan panduan tentang cara menyaksikan gerhana matahari dengan aman.

Bagi kalian yang senang dan ingin mempelajari lebih lanjut tentang jagat raya, NASA dan Google Arts & Culture menyediakan eksplorasi lebih lanjut mengenai ‘Tata Surya Kita’ yang mencakup berbagai informasi dan pengetahuan tentang sistem tata surya tempat Bumi berada. Ini merupakan kesempatan untuk terus menggali pengetahuan tentang fenomena luar angkasa seperti gerhana matahari.

Gerhana matahari tahun ini terlihat dari sebagian wilayah Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Fakta unik masyarakat Amerika rajin mempersiapkan festival, pesta tontonan, dan bahkan pernikahan massal di sepanjang jalur totalitas gerhana. Menurut mereka fenomena ini adalah fenomena langka yang patut untuk dirayakan.

Detikers, kalian juga bisa cek hasil karya doodle buatan Google di setiap tahunnya di situs resmi mereka. Selamat mencoba!

*Artikel ini ditulis oleh Fadhila Khairina Fachri, peserta Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom.

Simak Video “5 Fakta Menarik Gerhana Matahari Total 2024
[Gambas:Video 20detik]

(fay/rns)

Membagikan
Exit mobile version