Senin, September 30


Semarang

Puluhan tim futsal putra dan putri se-Jawa Tengah (Jateng) saling adu kehebatan demi memperebutkan piala dalam ajang AXIS Nation Cup 2024. Kegiatan ini tak hanya jadi wadah menyalurkan energi, tapi juga wadah untuk mengembangkan bibit-bibit baru di dunia sepakbola.

Sebanyak 40 tim futsal putra dan 12 tim futsal putri itu saling bertanding dalam turnamen futsal tingkat SMA/SMK yang digelar di Gedung Olahraga (GOR) Jatidiri, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang. Mereka semangat mengikuti kompetisi sejak Jumat-Minggu (27-29/9/2024).

Tampak puluhan suporter masing-masing tim hadir menyemarakkan AXIS Nation Cup 2024. Gemuruh drum dan teriakan suporter menggema di GOR Jatidiri selama pertandingan berlangsung sejak pukul 08.00-17.00 WIB. Salah satunya suporter SMA Institut Indonesia (II).


“Kurang lebih kita bawa 100 orang suporter. Kita sudah mempersiapkan bass, senar, koreo, dan pastinya teman-teman yang ingin mendukung sekolah. Persiapannya dari 2 hari sebelum event,” kata siswa SMA II, Major Baruna Saktiawan kepada detikJateng di GOR Jatidiri.

Ia mengatakan AXIS Nation Cup tak hanya mampu mewadahi bakat para siswa di Kota Semarang dan sekitarnya, tapi juga mampu mewadahi kreativitas para siswa. Dengan menjadi suporter, siswa dapat menyalurkan energinya untuk hal yang positif.

Foto: detikcom/Arina Zulfa Ul Haq

Hal senada dikatakan pelatih SMA dr Tjipto Semarang, Andalas Atma Wijaya. Pria yang juga merupakan pengurus Asosiasi Futsal Kota Semarang itu menilai AXIS Nation Cup telah hadir sebagai kegiatan positif bagi siswa di Jawa Tengah.

“Karena ini sebenarnya wadah untuk anak-anak berekspresi, juga wadah untuk anak-anak yang punya talent untuk disalurkan melalui kegiatan-kegiatan seperti ini,” tuturnya.

“Memang kita belum beruntung, kita terbukti kalah satu kosong. Tetapi anak-anak sudah cukup lumayan main otot, bertanggung jawab juga dalam lapangan ketika bermain,” lanjut dia.

Ia berharap AXIS Nation Cup 2024 yang tahun ini dihelat di 46 kota besar itu bisa kembali diadakan di tahun-tahun selanjutnya, demi mengasah bakat para talenta muda Jawa Tengah. Terlebih, AXIS Nation Cup 2024 tak hanya dimeriahkan tim futsal putra, tapi juga tim futsal putri.

“Ini menunjukkan kalau tim putri banyak juga yang minat futsal. Apalagi jarang kan futsal putri bisa ikut event kayak gini,” kata anggota tim futsal putri SMAN 14 Semarang, Zannubah Chafsoh.

Ia pun berterima kasih kepada AXIS yang telah menggelar turnamen hari itu, sehingga Zannibah bersama anggota tim futsal putri di sekolahnya itu bisa ikut bertanding dan menunjukkan kehebatannya dalam bidang sepakbola.

Foto: detikcom/Arina Zulfa Ul Haq

Sementara itu, Head Sales Central Java 1, Heriantoni mengatakan AXIS Nation Cup 2024 yang sudah digelar kali kedua ini memang bertujuan menumbuhkan bibit-bibit baru di bidang sepakbola. AXIS berusaha menyalurkan energi para remaja SMA yang menggebu-gebu ini untuk hal positif.

“Harapannya dengan adanya kegiatan ini, tim olahraga kita semakin tumbuh, kemudian juga tercipta keakraban antarpeserta lewat turnamen ini,” tuturnya.

Selain membina para talenta muda AXIS Nation Cup 2024 juga diharapkan dapat meningkatkan persaudaraan antarpeserta. Dengan semangat membara, mereka berlatih untuk bertanding secara sportif dalam turnamen ini.

Pada hari ketiga ini, terpilih juara pertama putra yakni tim futsal SMAN 11 Semarang yang memperoleh piala serta hadiah uang pembinaan sebesar Rp 6 juta dan juara kedua yakni SMAN 1 Jepara yang memperoleh piala serta uang pembinaan sebesar Rp 3 juta.

Sementara pemenang pertama putri yakni tim futsal SMAN 14 Semarang yang berhasil membawa pulang piala serta uang pembinaan sebesar Rp 3 juta dan juara kedua yakni tim futsal SMAN 2 Kendal yang memperoleh piala serta uang pembinaan Rp 2 juta.

“Pesan saya kepada adik-adik yang menjadi pemenang, tetaplah berlatih, tetaplah belajar dengan giat, jangan berpuas diri supaya ke depan bisa lebih baik lagi,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, AXIS pun sempat membagikan voucher kuota gratis kepada enam penonton beruntung yang menggunakan provider AXIS. Hadiah voucher diserahkan langsung oleh Heriantoni.

(ncm/ega)

Membagikan
Exit mobile version