Selasa, Mei 21

Jakarta

Dumpling punya banyak versi di dunia. Salah satunya siomay yang populer di Indonesia. Siomay baru-baru ini dinobatkan sebagai dumpling terenak di dunia versi TasteAtlas 2024.

Dumpling merupakan salah satu jenis dimsum yang populer di dunia. Biasanya berupa daging cincang yang ditambah sayuran, lalu dibungkus dengan selembar kulit yang terbuat dari adonan tepung.

Dumpling bisa dikukus, dimasak dengan cara pan fried, atau digoreng. Jenisnya amat beragam di dunia. Karenanya TasteAtlas, situs asal Kroasia yang fokus membahas kuliner tradisional membuat daftar ‘Top 100 Dumplings in the World’.


Mengutip TasteAtlas (15/4/2024), siomay asal Indonesia berhasil menduduki peringkat 1 untuk daftar dumpling terenak di dunia. Siomay kalahkan xiaolongbao sampai gyoza.

Berikut daftar lengkap 10 best dumpling di dunia versi TasteAtlas 2024:

1. Siomay

Foto: TasteAtlas

Siomay disebut TasteAtlas sebagai dumpling ikan khas Indonesia dengan tambahan telur, kentang, kol, tahu, dan pare yang semuanya dikukus. Isian tersebut ditaruh di atas piring lalu disirami saus kacang yang pedas.

Bumbu khas lainnya, kecap manis dan saus sambal, serta kucuran jeruk limo. Siomay di Indonesia sebenarnya diadaptasi dari shumai khas China. Konon diperkenalkan oleh imigran China yang datang ke Indonesia saat masa penjajahan Belanda.

2. Guotie

Keren! Siomay Peringkat 1 'Best Dumpling' di Dunia, Kalahkan GyozaFoto: TasteAtlas

Dari China ada guotie yang umumnya diisi daging babi cincang, sawi putih, daun bawang, jahe, hingga minyak wijen. Guotie punya tekstur renyah di luar dan lembut di dalam karena dimasak dengan cara digoreng menggunakan sedikit minyak, lalu ditambahkan sedikit air, dan ditutup. Jadi bagian atasnya juga terkukus.

Goutie secara harfiah dapat diterjemahkan sebagai pot stick, sehingga dumpling ini sering dijuluki potsticker, terutama di Amerika Utara.

3. Tangbao

Foto: TasteAtlas

Masih dari China, di posisi 3 ada soup buns atau tangbao. Bentuknya mirip xiaolongbao dengan cara masak dikukus dan diisi kaldu. Untuk isiannya bisa memakai daging babi atau kepiting cincang.

Panganan China ini biasanya disajikan sesaat setelah dikukus. Jadi kaldu di dalamnya masih cair dan hangat ketika dimakan.

4. Hamamatsu gyoza

Foto: TasteAtlas

Hamamatsu adalah jenis gyoza populer dari Jepang. Isiannya ada kubis, bawang bombai, daging babi, dan bumbu seperti jahe serta bawang putih.

Hamamatsu gyoza mudah dikenali karena cara menggorengnya unik dimana potongan gyoza disusun melingkar sehingga sekali menggoreng bisa dapat lebih banyak. Di atasnya hamamatsu gyoza diberikan topping tauge.

Selengkapnya di halaman selanjutnya.

Membagikan
Exit mobile version