Rabu, September 25

Jakarta

YouTube termasuk media sosial yang paling banyak digunakan di dunia. Penggunanya kerap mengaksesnya untuk menonton video, menyaksikan cuplikan berita, hingga mendengarkan musik.

Namun, tak jarang pengguna mengeluhkan YouTube tidak bisa dibuka di handphone (HP) mereka. Padahal sebagian orang masih memiliki kuota internet dan telah terhubung ke jaringan WiFi. Lantas, apa penyebab YouTube tidak dapat dibuka?

Penyebab YouTube Tidak Bisa Dibuka di HP

Dilansir Android Authority, terdapat sejumlah hal yang dapat membuat YouTube tidak bisa dibuka di smartphone. Berikut beberapa di antaranya:


1. Koneksi Internet Bermasalah

Jaringan internet yang sedang mengalami gangguan bisa jadi penyebab YouTube tidak dapat dibuka. Untuk mengeceknya, detikers bisa coba membuka aplikasi lain yang memerlukan koneksi internet untuk dioperasikan, seperti Google atau akun media sosial.

Apabila aplikasi-aplikasi tersebut juga tidak dapat terbuka, kamu mungkin lupa mengaktifkan data seluler atau HP belum terhubung ke WiFi.

Namun jika sudah tersambung ke WiFi dan internet tapi YouTube tetap tidak bisa dibuka, cobalah restart HP. Periksa juga router WiFi dan pastikan terhubung dengan benar. Kalau perlu, cabut kabel dan tunggu sekitar satu menit sebelum router dinyalakan kembali.

2. Tidak Punya Kuota Internet

Jika detikers menggunakan data internet, maka cek sisa kuota yang dimiliki. Paket internet yang sudah habis tentunya membuatmu tidak mampu mengakses berbagai aplikasi secara online. Karena itu, isi ulang data seluler terlebih dahulu dan setelah itu coba buka kembali YouTube.

3. Cache YouTube Penuh

Cache YouTube semakin menumpuk seiring aplikasi tersebut digunakan. Cache sendiri merupakan data aplikasi yang tersimpan di HP, mulai dari riwayat pencarian sampai video yang sudah ditonton.

Ketika cache YouTube penuh, aplikasi itu bisa lemot dan tidak dapat dibuka. Untuk mengatasinya, kamu perlu menghapus cache tersebut. Dengan begitu, ruang penyimpanan YouTube menjadi bersih dan lega kembali.

4. Belum Memperbarui Aplikasi

Setiap aplikasi kerap diperbarui untuk meningkatkan kualitasnya, termasuk YouTube. Apabila masih menggunakan YouTube versi lama dan belum melakukan update, hal ini bisa menyebabkan aplikasi itu tiba-tiba tertutup sendiri bahkan tidak dapat dibuka.

Detikers bisa coba periksa apakah tersedia update terbaru dari YouTube di Play Store atau App Store. Jika ada, maka kamu dapat segera memperbarui aplikasi tersebut.

5. Pengaturan Tanggal dan Waktu Tidak Sinkron

Pengaturan tanggal dan waktu di HP ternyata bisa berdampak pada aplikasi yang digunakan lho, termasuk YouTube. Server Google mengalami masalah sinkronisasi ke aplikasi lain jika pengaturan tersebut tidak diatur dengan benar. Untuk itu, detikers dapat memperbaiki pengaturan tanggal dan waktu di ponselmu.

6. Pembatasan Jaringan YouTube

YouTube tidak bisa dibuka kemungkinan juga karena akses aplikasi tersebut dibatasi atau diblokir. Hal ini umum terjadi saat menggunakan internet di sekolah atau perpustakaan agar siswa tidak membuka YouTube ketika jam pelajaran berlangsung.

7. Server YouTube Sedang Down

Meski jarang terjadi, server YouTube terkadang bisa saja down sehingga penggunanya tidak mampu mengakses aplikasi tersebut. Untuk mengetahui apakah YouTube benar sedang down atau tidak, detikers dapat mengecek akun media sosial resminya. Karena biasanya akan ada pemberitahuan yang disampaikan terkait masalah yang terjadi.

Kamu juga dapat memeriksanya lewat situs Down Detector. Laman tersebut cukup akurat untuk mengetahui apakah terjadi masalah pada server YouTube atau tidaknya.

Itu tadi sederet faktor penyebab YouTube tidak bisa dibuka di ponsel. Detikers juga dapat melakukan beberapa cara di atas untuk mengatasinya ya.

(azn/row)

Membagikan
Exit mobile version