Jumat, Januari 3


Jakarta

Selain di Indonesia, Yamaha Nmax versi 2024 juga telah dipasarkan di Eropa. Di Eropa, Yamaha Nmax hadir dengan pilihan mesin 125 cc, berbanding 155 cc di Indonesia. Menariknya lagi, jika di Indonesia Yamaha Nmax terbaru hadir dengan opsi teknologi ‘turbo’, maka untuk versi Eropa varian ‘turbo’ tidak tersedia pada Nmax terbaru. Apa alasannya ya?

Dijelaskan Rifki Maulana selaku Public Relations, YRA & Community Manager PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM), alasan kenapa teknologi ‘turbo’ tidak disematkan di Yamaha Nmax versi Eropa adalah karena Nmax di sana masih menggunakan mesin 125 cc. Secara regulasi, mesin 125 cc tidak membutuhkan fitur canggih tersebut.


YECVT Yamaha Nmax Turbo Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

“Karena di Eropa itu pakai 125 cc. Di 125 cc memang tidak butuh (fitur ‘turbo’) karena untuk entry level,” buka Rifki ditemui detikOto di Jakarta belum lama ini. Kenapa di Eropa Yamaha Nmax pakai mesin 125 cc? Kata Rifki, secara regulasi mesin 125 cc di Eropa tidak membutuhkan lisensi khusus, jadi konsumen lebih mudah memilikinya.

Sebagai informasi, ‘turbo’ merupakan teknologi terbaru yang ada di Nmax versi 2024 juga Aerox Alpha 2024. Teknologi ini menggunakan CVT elektrik yang disebut YECVT. Dengan YECVT, Nmax terbaru dan Aerox Alpha bisa memiliki mode berkendara yang terdiri atas T-mode dan S-mode.

Sementara di Eropa, Yamaha Nmax terbaru hadir dengan mesin 125 cc SOHC, berteknologi VVA, yang bisa menghasilkan tenaga maksimal 12 dk pada 8.000 rpm dan torsi maksimal 11,2 Nm pada 6.000 rpm.

Secara desain, Nmax 2024 versi Eropa ini punya desain yang identik dengan Nmax Neo dan Nmax Turbo versi Indonesia. Fitur-fiturnya juga mirip, seperti lampu-lampu full LED, lampu depan proyektor, start stop system, dan kunci keyless, termasuk juga panel layar TFT 4,2 inci buat varian Tech Max.

Adapun detail lain yang membedakan adalah, semua varian Nmax 125 di Eropa sudah mendapatkan fitur charger, dengan colokan tipe USB C. Selain itu, Nmax versi Eropa mesinnya sudah mengadopsi regulasi emisi Euro5+.

(lua/din)

Membagikan
Exit mobile version