Senin, September 30


Jakarta

Menyimpan roti ada triknya agar kualitasnya bertahan lama. Caranya dengan tidak menaruh roti di kulkas meski kulkas ideal sebagai tempat menyimpan bahan makanan lainnya. Kenapa ya?

Roti termasuk makanan pokok yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Umumnya roti dikonsumsi saat sarapan atau makan malam sebagai pilihan yang tidak terlalu mengenyangkan.

Roti bisa dikreasikan dengan isian gurih atau manis, sesuai selera. Membuatnya juga gampang karena tinggal dibakar, dipanggang, atau bahkan dimakan langsung.


Sering kali roti dibeli dalam jumlah banyak sebagai stok. Beberapa orang pun percaya menyimpan roti di kulkas adalah pilihan terbaik. Namun ternyata pakar menyebut langkah ini tidak tepat.

Menyimpan roti di kulkas bukan langkah yang tepat. Foto: Getty Images/Nadezhda Mikhalitskaia

Times of India (20/6/2024) mengungkap alasannya karena kualitas dan masa simpan roti justru akan menurun jika disimpan di kulkas. Proses ini terkait dengan basi yang melibatkan kemunduran kualitas molekul pati.

Ketika roti dipanggang, butiran pati sebenarnya menyerap air dan menjadi gelatin hingga membuat tekstur roti empuk dan mengembang. Namun, ketika suhu roti dingin seperti disimpan di dalam kulkas, molekul pati mulai mengkristal kembali, menihilkan air, dan membuat teksturnya kering dan keras.

Suhu memang berperan penting dalam menjaga tekstur dan rasa roti tetap ideal. Usahakan tidak menyimpan roti di suhu 0 hingga 10 derajat Celcius jika tidak ingin roti cepat basi. Lebih baik jika disimpan di suhu ruang.

Menyimpan roti di kulkas tidak hanya membuat roti cepat basi, tapi juga mempengaruhi secara negatif tekstur dan rasanya. Roti akan menjadi keras dan kenyal, kehilangan tekstur lembutnya yang khas. Saat dimakan juga cenderung kering.

Simpan roti di suhu ruang dalam wadah kedap udara. Foto: Getty Images/Nadezhda Mikhalitskaia

Dalam hal rasa, menyimpan roti di kulkas juga bisa bikin rasanya kurang segar karena roti menyerap bau dari makanan lain yang disimpan di kulkas. Alhasil, rasa roti keseluruhan jadi tidak maksimal.

Sebagai solusi, roti bisa disimpan di suhu ruang. Tempatkan roti di wadah kering dan kedap udara agar lebih awet dan terhindar dari pertumbuhan jamur yang cepat.

Kalau mau menyimpan roti lebih lama lagi, lebih baik membekukannya di freezer. Roti tidak akan cepat basi dan jamur tidak akan cepat tumbuh. Proses pembekuan lebih efektif dalam mempertahankan kesegaran roti.

Kemudian hindari menyimpan roti dalam kantong plastik. Sebab kondisi ini menciptakan lingkungan lembap yang mempromosikan pertumbuhan jamur. Kalau mau menyimpan roti di plastik, sebaiknya langsung dimakan.

(adr/odi)

Membagikan
Exit mobile version