Kamis, Mei 16

Jakarta

Jatuh di kamar mandi adalah sesuatu yang tak jarang terjadi. Tapi terkadang, kita mendengar seseorang terjatuh di kamar mandi dan kehilangan nyawanya.

Lantas, apakah jatuh di kamar mandi bisa berisiko fatal? Umumnya, potensi bahaya jatuh di kamar mandi dikaitkan dengan benda atau furnitur yang ada di ruangan tersebut. Ketika seseorang terjatuh di kamar mandi, tubuhnya berisiko terbentur permukaan yang keras atau tajam. Jika benturan terjadi pada area yang vital, seperti kepala, maka dapat memicu efek yang fatal dan menyebabkan kematian.

Kendati demikian, ada sejumlah faktor lain yang membuat jatuh di kamar mandi dapat berakibat fatal. Beberapa juga dikaitkan dengan kondisi medis tertentu, seperti stroke dan henti jantung mendadak.


Dikutip dari berbagai sumber, berikut alasan jatuh di kamar mandi bisa berisiko fatal dan memicu kematian.

1. Benturan dengan permukaan keras atau tajam

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, benturan menjadi salah satu penyebab insiden fatal di kamar mandi. Jika seseorang terjatuh dan kepalanya terbentur permukaan yang keras, seperti bak mandi, bathtub, atau meja kabinet kamar mandi, maka bisa memicu terjadinya perdarahan di otak. Jika perdarahan otak tidak ditangani dalam waktu 12-24 jam, maka orang tersebut bisa meninggal dunia.

Selain kematian, benturan juga dapat menyebabkan cedera fatal jika mengenai bagian tubuh yang rawan, seperti dada, tulang belakang, tulang ekor, dan lain sebagainya.

2. Serangan stroke

Bukan tanpa alasan stroke kerap dikaitkan dengan jatuh di kamar mandi. Pasalnya, banyak kasus serangan stroke terjadi saat berada di kamar mandi.

Menurut spesialis saraf dr Adre Mayza, SpS (K), tekanan darah cenderung meningkat di pagi hari saat kebanyakan orang sedang beraktivitas di kamar mandi. Peningkatan tekanan darah di pagi hari tersebut dapat meningkatkan risiko serangan stroke. Itulah sebabnya stroke lebih rentan terjadi di kamar mandi.

Hal senada disampaikan oleh dokter bedah saraf dr Roslan Yusni Hasan atau yang akrab disapa dr Ryu. Dia menjelaskan stroke bisa menjadi salah satu penyebab seseorang kehilangan kesadaran saat di kamar mandi.

“Yang paling banyak, kalau di kamar mandi ini adalah dia tidak sadar dulu kemudian jatuh dan orang yang tidak sadar mendadak itu kemungkinan juga karena stroke,” ucapnya dalam video Bincang Sehat detikcom.

3. Henti jantung mendadak

Selain stroke, henti jantung mendadak (sudden cardiac arrest) juga dapat menjadi penyebab seseorang kehilangan kesadaran dan jatuh di kamar mandi. Hal ini berkaitan dengan kebiasaan yang dilakukan saat berada di dalam kamar mandi.

Dikutip dari Medical News Today, henti jantung mendadak dapat dipicu mandi dengan air yang terlalu panas atau dingin. Sebab, kebiasaan tersebut dapat memberikan stres pada tubuh sehingga mengganggu sistem kelistrikan pada jantung yang kemudian menyebabkan henti jantung mendadak.

Tak hanya itu, buang air kecil atau besar juga dapat memicu henti jantung mendadak. Saat seseorang buang air kecil atau BAB, mereka cenderung menahan napas saat berusaha mengeluarkan urine atau tinja. Hal ini dapat memicu peningkatan tekanan darah secara mendadak, yang mana memberikan tekanan berlebih pada jantung.

Tekanan yang berlebihan tersebut dapat menyebabkan henti jantung mendadak pada orang yang memiliki gangguan kardiovaskular.

Simak Video “Mengenal Jenis Penyakit Stroke dan Penyebabnya
[Gambas:Video 20detik]
(ath/kna)

Membagikan
Exit mobile version