Jumat, Juli 5

Jakarta

Kenapa baterai laptop tidak mengisi saat dicas? Ada beberapa masalah yang mungkin terjadi pada hardware laptop, software, charger, kabel, atau mungkin perangkat listrik kamu pakai.

Masing-masing masalah memiliki solusi yang berbeda. Coba simak dulu artikel ini untuk mengetahui 8 cara menangani baterai laptop tidak mengisi saat dicas.

Kenapa Baterai Laptop Tidak Mengisi Saat Dicas?

Berikut ini beberapa kemungkinan masalah yang menjadi alasan kenapa baterai laptop tidak mengisi saat dicas, dikutip dari Laptop Battery Express:


1. Charger Bermasalah

Alasan pertama adalah terjadi masalah pada chargernya. Kemungkinan adaptor charger rusak karena kabelnya sering tertekuk atau korslet. Selain itu, daya charger laptop mungkin kurang stabil atau terlalu lemah untuk mengisi baterai saat menjalankan laptop.

2. Masalah Pada Hardware

Beberapa masalah hardware yang membuat baterai laptop tidak mengisi saat dicas adalah soket listrik pada sasis laptop yang sudah aus. Hal ini membuat colokan charger tidak bisa terpasang secara tepat.

Kemungkinan lain, sirkuit pengisi daya pada motherboard rusak, sehingga membutuhkan penggantian motherboard. Selain itu, mungkin baterainya yang sudah rusak.

3. Pemasangan Kurang Tepat

Terkadang, masalahnya hanya sepele, yaitu pemasangan yang kurang tepat. Misalnya charger kurang mencolok sempurna pada soket. Atau pemasangan baterai yang kurang tepat, sehingga tidak mau dicas.

4. Kebiasaan Penggunaan

Baterai akan cepat rusak karena kebiasaan buruk penggunanya. Misalnya membiarkan baterai habis hingga nol persen. Selain itu, pada penggunaan pertama baterai tidak diisi hingga 100%.

5. Masalah Software

Kemungkinan lain adalah masalah software, misalnya laptop baru saja diupgrade ke versi Windows baru, sehingga driver baterai kurang sinkron dengan laptop. Selain itu, software manajemen baterai mungkin tidak dikalibrasi dengan benar, sehingga membuat laptop seakan-akan tidak mengisi daya, padahal sebetulnya baterai telah penuh.

Solusi Baterai Laptop Tidak Mengisi Saat Dicas

Dilansir dari Business Insider, berikut ini sejumlah solusi yang bisa dicoba untuk menangani baterai laptop tidak mengisi saat dicas:

1. Pastikan Dicolokkan dengan Benar

Jika baterai laptop tidak mengisi saat dicas, pastikan lagi apakah charger sudah dicolokkan dengan benar ke stop kontak maupun ke laptop. Terkadang kita merasa sudah mencolokkan dengan benar, tapi bisa jadi kurang menancap dengan benar.

2. Cek Pakai Charger Bawaan

Kemungkinan masalahnya mungkin ada pada charger. Cek apakah ada bagian yang rusak, seperti kabel mengelupas, ada bagian terbakar, atau bagian adapter terlalu panas. Cobalah menggunakan charger bawaannya. Jika sudah tidak punya, coba pinjam teman yang menggunakan merek serupa.

3. Periksa Colokan Charger Pada Laptop

Saat mengisi daya laptop, colokan harus terkoneksi dengan pas. Hal ini mungkin terganggu jika ada debu atau residu lainnya di dalam colokan, sehingga membuat koneksinya tidak optimal. Coba bersihkan bagian dalam colokan menggunakan tusuk gigi secara perlahan agar tidak merusak komponen.

4. Dinginkan Laptop

Laptop yang kepanasan bisa menimbulkan masalah, salah satunya pada baterai, sebab baterai rentan terhadap suhu panas. Sensor baterai bisa bermasalah, bahkan akan memberitahu sistem jika baterai sudah terisi penuh atau malah hilang sepenuhnya.

Masalah ini biasanya dialami pada laptop model lama yang memiliki kualitas sistem cooling lebih rendah dibanding laptop baru. Jika laptop terlalu panas, coba matikan beberapa saat agar dingin.

5. Lepas Baterai dari Laptop

Masalah lain yang mungkin terjadi adalah baterai laptop. Cara mengeceknya adalah dengan melepas baterai dari laptop. Cara ini bisa dilakukan pada laptop yang baterainya bisa dilepas.

Setelah baterai dilepas, tekan tombol power selama 15 detik agar sisa daya baterai di laptop terkuras. Sekarang colokkan charger ke laptop tanpa ada baterai yang terpasang. Jika laptop bisa menyala, berarti chargernya normal.

Kemungkinan lain, pemasangan baterai pada laptop kurang pas, sehingga tidak mau dicas. Kalian bisa coba pasang lagi baterai dengan benar.

6. Update Driver

Kemungkinan penyebab lainnya adalah driver yang tidak update. Jika laptop kamu menggunakan Windows 10, buka menu Device Manager dan cari opsi Batteries yang di bawahnya memiliki beberapa entri.

Biasanya ada tiga entri pada bagian itu, yaitu satu untuk baterai, satu untuk charger dan satu lagi yang disebut Microsoft ACPI Compliant Control Method Battery. Klik kanan di setiap entri, kemudian pilih Properties. Masuk ke tab Driver dan klik opsi Update Driver yang ada di bawahnya. Terakhir, restart laptop kalian dan coba colokkan ke charger kembali.

7. Uninstall Baterai

Selain mengupdate driver, detikers bisa mencoba melakukan uninstall baterai. Caranya dengan buka menu Device Manager dan klik Batteries.

Pada entri Microsoft AC Adapter dan Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery, klik kanan pada masing-masing entri dan pilih opsi Uninstall device. Kemudian matikan laptop dan cabut charger dari laptop.

Jika laptop kamu memakai baterai lepas pasang, cabut baterai dari laptop, lalu coba masukkan kembali ke laptop. Colokkan laptop ke charger dan nyalakan. Klik ikon baterai di kanan bawah, pastikan sudah berstatus ‘plugged in and charging’.

8. Cek Kabel Charger dan Perangkat Listrik

Kemungkinan masalah lainnya adalah pada kabel charger atau perangkat listrik di tempat kamu mencolokkan listrik. Cek apakah ada kabel yang rusak. Selain itu, cek stop kontak di tempatmu dengan mengisi daya ponsel. Jika tidak berfungsi, berarti stop kontaknya tidak berfungsi.

Itulah tadi sejumlah alasan kenapa baterai laptop tidak mengisi saat dicas, lengkap dengan solusinya. Semoga bermanfaat.

(bai/row)

Membagikan
Exit mobile version