Sabtu, Oktober 26


Jakarta

Honda BeAT baru telah dilengkapi fitur keamanan berbasis alarm. Menariknya, alarm tersebut tak langsung aktif setelah mesin dimatikan. Lantas, mengapa demikian?

Fitur alarm di Honda BeAT baru aktif semenit setelah dimatikan. Ketika fitur keamanan tersebut sudah hidup, maka indikator di panel instrumen akan menyala.

Tommy Ronaldi selaku Technical Training PT Astra Honda Motor (AHM) menjelaskan alasan mengapa alarm Honda BeAT baru aktif semenit setelah dimatikan. Menurut dia, pengaturan tersebut bertujuan agar pemilik kendaraan punya waktu untuk melepas helm atau membuka jok.


“Kenapa semenit? Karena kita kan tidak langsung meninggalkan motor. Kita harus lepas jaket, lepas helm dan pakai tas. Jadi kalau alarm itu langsung menyala setelah diaktifkan, itu akan berbunyi ketika jok dibuka dan lain-lain. Makanya kita kasih jeda semenit biar nggak langsung bunyi,” ujar Tommy di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Alarm Honda BeAT. Foto: Grandyos Zafna

Menurut Tommy, semenit merupakan waktu ideal untuk memberikan jeda ke pemilik motor. Dia juga mengatakan, alarm di Honda BeAT baru akan mati secara otomatis ketika kendaraan didiamkan selama 10 hari.

“Jadi ada sistem yang mengaturnya. Itu bertujuan biar aki motor nggak tekor,” ungkapnya.

Cara Aktifkan Alarm Honda BeAT Baru

Sistem alarm di Honda BeAT baru berbeda dengan motor matik kebanyakan. Sebab, untuk menyalakannya, kita tak menggunakan remote, melainkan langsung dari rumah kuncinya.

Tommy lantas menjelaskan cara mengaktifkan fitur alarm di Honda BeAT baru. Kata dia, teknologi tersebut tak langsung menyala ketika pengendara meninggalkan motor, melainkan ada tahapan-tahapannya.

Honda BeAT 2024 Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

Pemilik Honda BeAT baru harus memutar kunci ke off sebanyak dua kali dalam tiga detik. Kemudian indikator alarm di layar akan menyala dan fitur tersebut hidup semenit setelah diaktifkan.

“Fitur alarm Honda BeAT cuma ada di varian non-smart key, seperti di CBS, Street dan Deluxe-Standard,” kata Tommy.

Simak Video “Review Honda CB1300 Super Four SP: Motor Impian Banyak Orang!
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/lth)

Membagikan
Exit mobile version