Selasa, Januari 14


Jakarta

Kementerian BUMN menggelar workshop penggunaan teknologi digital dan Artificial Intelligence (AI) dalam komunikasi media sosial. Mengusung tema “Navigating the Future of Social Media with AI Technology”, workshop ini diikuti oleh lebih dari 100 peserta dari seluruh BUMN.

Kota Padang dipilih sebagai kota pertama dalam rangkaian workshop. Bertempat di The ZHM Premiere, acara terwujud melalui kolaborasi antara Kementerian BUMN dengan beberapa BUMN PLN, Pertamina, KAI, BTN, Danareksa, SIG, Pupuk Indonesia, hingga PT Pegadaian.

Berlangsung selama dua hari pada 3-4 Januari 2025, acara ini menjadi ajang berbagi ilmu dan inspirasi, mengupas tren terkini dalam dunia media sosial yang kini semakin dipengaruhi oleh teknologi AI.


Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengungkapkan karyawan BUMN penting untuk mengikuti perkembangan zaman, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi.

“Hari ini kita dimudahkan dengan hadirnya AI, mempercepat kita dalam bekerja. Untuk itu, mulai tahun ini kita akan banyak belajar dengan teknologi, diharapkan semua BUMN dapat mengglorifikasi apa saja yang menjadi program pemerintah, Asta Cita Presiden,” ujar Arya dalam keterangan tertulis, Senin (13/1/2025).

Selain pemanfaat teknologi, Arya menyampaikan para karyawan juga perlu membangun narasi dalam berkomunikasi, serta membangun campaign dengan formula fear and hope.

“Sebagai komunikator untuk memajukan BUMN, teman-teman paham bagaimana programnya, mana yang butuh promosi, mana yang perlu inovasi. Kita cari angle-angle untuk membangun komunikasinya dengan tujuan akhirnya meningkatkan ekonomi Indonesia,” tambahnya.

Adapun workshop ini menghadirkan beberapa sesi, salah satunya berupa sharing session oleh Danang Prakoso dari Mediatics Digital Indonesia. Di sesi ini, Danang berbagai insight bagaimana AI dapat mengubah cara content creator dan brand berinteraksi dengan audiens mulai dari penyusunan ide sampai dengan penulisan naskah.

Sementara Siti Nur Aisyah dan Vira Enjella dari BRI berbagi cara meningkatkan engagement dan manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) yang selama ini diterapkan di BRI dalam tajuk BRI Creator Hub.

Selama dua hari, peserta tidak hanya mendapatkan ilmu secara teori, namun juga langsung mengimplementasikan berbagai materi yang diberikan narasumber melalui workshop task kelompok dan individu. Peserta juga diajak mengunjungi aset pembangkit milik PLN Indonesia Power, UBP Teluk Sirih hingga melihat secara langsung keandalan UBP Teluk Sirih dalam sistem kelistrikan Sumatera.

Para peserta juga diajak melihat inovasi-inovasi yang selama ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah mulai dari inovasi co-firing transisi energi hijau menuju swasembada energi, pemanfaatan FABA (Fly Ash Bottom Ash) untuk ekonomi kerakyatan hingga dukungan terhadap ketersediaan listrik Satuan Pelayanan Gizi.

Sebagai informasi, acara ini juga dihadiri oleh Ajrun Karim General Manager PLN UID Sumatera Barat, Eko Tjahjono Manager Angkutan Barang KAI Divre II Sumatera Barat, M. As’ad Habibudin Kepala Humas KAI Divre II Sumatera Barat, Iskandar Z Lubis Corporate Secretary Semen Padang, Nur Anita Rahmawati SM Communication Semen Padang serta influencer BUMN se-Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau.

Acara workshop ditutup dengan ramah tamah makan malam bersama serta pemberian penghargaan kepada karya-karya terbaik dari Group Content dan Individual Content Challenge. Muhammad Ikbal dari Pelindo berhasil menjadi juara kategori individual content serta Kelompok 4 sebagai juara kategori group content.

Tonton juga Video: Kenalan dengan Romi Yuk, Robot AI yang Bantu Cegah Depresi

[Gambas:Video 20detik]

(akd/ega)

Membagikan
Exit mobile version