Selasa, Oktober 22


Jakarta

Presiden Prabowo Subianto menggunakan mobil MV3 Garuda Limousine buatan PT Pindad. Mobil ini mengambil basis dari Maung MV3 buatan Pindad dan telah dibekali kemampuan antipeluru.

PT Pindad memiliki portofolio sebagai produsen alat-peralatan pertahanan dan keamanan (alpalhankam). Kemampuan itu dituangkan ke mobil Presiden untuk menjadikan MV3 Garuda Limousine tahan terhadap serangan senjata api.

MV3 Garuda Limousine dibekali fitur keamanan di seluruh area kendaraan. Mobil ini memiliki body dengan material composite armor. Bodi mobil memiliki ketahanan terhadap munisi kaliber 7,62 x 51 mm NATO ball dan kaliber 5,56 x 45 mm M193.


Tak cuma itu, kaca mobil juga antipeluru dengan level B5/B6. Untuk mendukung keamanan, ban mobil hadir dengan teknologi Run Flat Tyre (RFT) berukuran 21 inci. Dengan RFT, jika ban diserang musuh dan mengalami kebocoran, mobil masih aman digunakan untuk evakuasi.

“Kendaraan MV3 Garuda Limousine memiliki desain yang memperlihatkan karakter yang kuat dengan identitas bangsa Indonesia yang kental, dilengkapi dengan fitur keamanan dan kenyamanan untuk penumpang di dalamnya,” kata Direktur Teknologi & Pengembangan PT Pindad, Sigit P. Santosa.

MV3 Garuda Limousine dikembangkan khusus dari MV3 untuk kendaraan Presiden dan Wakil Presiden RI. Kendaraan ini berwarna putih dengan tampilan eksklusif dan maskulin yang memiliki proteksi tinggi serta memberikan kenyamanan dengan material berkualitas.

Garuda memiliki bobot 2,95 ton, dimensi panjang sekitar 5,05 m, lebar 2,06 m, tinggi 1,87 m serta desain long wheelbase yang nyaman dan lega. Kendaraan ini memiliki daya mesin 202 PS/199 HP, transmisi AT dengan 8 percepatan, dan memiliki kecepatan maksimum 100 Km/jam.

Di bagian interiornya, Presiden dan Wakil Presiden yang menggunakan mobil MV3 Garuda Limousine buatan PT Pindad akan disuguhkan kemewahan. Mobil ini memiliki interior premium dengan menggunakan material wood finish accents.

Kenyamanan ditunjang dengan penggunaan jok captain seat dengan pengaturan elektrik. Tempat duduknya disertai leg rest serta limo touch control panel.

Mobil ini dilengkapi dengan head unit berukuran 12 inci dan kamera 360 derajat. Untuk kenyamanan Presiden dan Wakil Presiden selama perjalanan darat, terdapat LED smart TV, cooled storage, dan portable WiFi di mobil ini.

Saksikan Live DetikPagi:

(rgr/din)

Membagikan
Exit mobile version