Minggu, September 29


Makkah

Jemaah haji asal Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengeluhkan konsumsi makanan selama di Makkah. Jemaah tersebut mengeluhkan konsumsi paha ayam setiap hari.

Hal itu disampaikan jemaah kepada Wakil Ketua Komisi VIII DPR sekaligus anggota Timwas Haji DPR, Ace Hasan Syadzily (Kang Ace), saat melakukan kunjungan ke tenda dapilnya kloter JKS-11 Kabupaten Bogor di Maktab 72 Mina, Arab Saudi, pada Senin (17/6/2024) malam. Kang Ace ditemani oleh anggota Timwas lainnya, Arteria Dahlan, yang juga anggota Komisi III DPR-RI Fraksi PDIP.

“Itu ayamnya yang dikasih paha, saya bilangnya ‘Ipin-Upin’, tiap hari paha, sayapnya di mana. Kita bilangnya ‘Ipin-Upin’,” kata jemaah tersebut.


Jemaah lainnya mengeluhkan pembagian konsumsi yang tidak merata. “Makanan nggak standar, yang ini penuh, yang ini setengah,” kata jemaah.

Jemaah juga mengeluhkan kapasitas toilet yang tidak memadai. Seorang jemaah bahkan terpaksa buang air kecil di dekat tenda karena tidak kuat menahan pipis lantaran antrean toilet yang panjang.

“Di kamar mandi, dengan jumlah kapasitas jemaah yang banyak dengan kamar mandi yang sedikit, sampai ruang belakang (tenda) dijadiin tempat buang air kecil sama ibu-ibu,” imbuh jemaah tersebut.

Kang Ace mengatakan persoalan konsumsi makanan jemaah juga menjadi salah satu perhatiannya.

“Makanan juga banyak keluhan yang menunya pertama kadang-kadang ada yang banyak, kadang-kadang sedikit atau juga menu selama di Makkah menunya hanya daging paha semua,” kata Kang Ace.

Kang Ace berharap temuan ini menjadi bahan evaluasi ke depan agar Kementerian Agama (Kemenag) memperbaiki masalah konsumsi makanan jemaah haji.

“Saya kira ini harus diperbaiki ke depan karena komitmen DPR dengan pemerintah terkait ketersediaan konsumsi kita harapkan ada cita rasa Nusantara,” ujar Kang Ace.

(mea/aik)

Membagikan
Exit mobile version