Selasa, Oktober 22


Surabaya

Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Angkat Besi Junior U18-U-20 Pupuk Indonesia 2024 resmi dibuka. Diharapkan akan muncul atlet-atlet potensial di sana.

Ini dikatakan Ketua Komite Olahraga Nasional (KONI) Pusat Marciano Norman saat membuka kejuaraan tersebut di Hotel Santika Premiere Gubeng, Surabaya, Selasa (22/10/2024).

Marciano terkesan dengan konsistensi pembinaan atlet yang dilakukan Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI) pimpinan Rosan Roeslani bersama Sekjen Mayjen Djoko Pramono. Kejuaraan ini diyakini akan mencetak atlet masa depan Indonesia yang siap membuat bangga bangsa dan negara.


“Cabang olahraga angkat besi adalah satu cabang olahraga yang selalu membuat Indonesia bangga karena prestasinya” kata Marciano dalam rilis kepada detikSport.

“Saya memberikan penghormatan tinggi kepada PT.Pupuk Indonesia (Persero) karena selama ini mendukung PB.PABSI. Melalui event ini, akan lahir Rizki Juniansyah, Eko Yuli, Rahmat Erwin, Windy Cantika yang baru,” lanjutnya.

Tak lupa juga Marciano mengapresiasi peran PT Pupuk Indonesia sebagai “bapak asuh” angkat besi Indonesia. Hal ini dianggap jadi contoh untuk pihak-pihak lain untuk ikut berkontribusi kepada olahraga Tanah Air.

“Menjadi salah satu cabang olahraga yang bisa dicontoh oleh cabang-cabang olahraga lainnya, saya berterima kasih kepada Pak Rosan, Pak Djoko, Pak Hadi dan seluruh pelatih dan pengurus yang membuat ini semua terjadi, tapi dengan itu saja tidak cukup kalau tidak ada dukungan PT.Pupuk Indonesia di belakangnya,” paparnya.

“Kolaborasi BUMN dalam mendukung olahraga prestasi, salah satu contoh yang berhasil terjadi pada PT.Pupuk Indonesia mendukung angkat besi.”

“Di Aceh, atlet-atlet angkat besi yang hadir sebagai peserta PON telah memecahkan 15 rekor PON dan 8 rekor nasional. Mereka tidak mungkin memecahkan rekor apabila pembinaannya tidak baik. Juara SEA Games, Juara Asian Games, Juara Olimpiade adalah hasil kejuaraan-kejuaraan nasional yang dilakukan, mulai Kejurnas hingga PON,” jelasnya.

Marciano berharap cabor angkat besi dapat menyumbang lebih dari satu medali emas pada Olimpiade Los Angeles dan Brisbane. Di Paris 2024, angkat besi meraih medali emas perdana di Olimpiade lewat Rizki Juniansyah.

Kejuaraan kali ini merupakan ajang ketiga yang didukung BUMN tersebut. Pada kompetisi kali ini, dukungan diberikan oleh grup PT Pupuk Indonesia, yakni Petrokimia Gresik, Pupuk Kaltim, dan Pupuk Sriwidjaya Palembang.

“Apa yang kita temukan, dari dukungan PT.Pupuk Indonesia. Tujuh kali Olimpiade, selalu kita berikan medali untuk Sang Merah Putih, baru kemarin kita meraih emas berkat dukungan PT Pupuk Indonesia,” papar Djoko.

“Olimpiade yang akan datang, pada perhelatan Los Angeles nanti menjadi sasaran yang realistis yang dapat dipertanggungjawabkan, bersama dukungan dari seluruh pihak, baik pemerintah, lembaga, organisasi olahraga, khususnya dukungan dan bantuan dari PT Pupuk Indonesia menjadi motivasi yang kuat bagi PB PABSI,” ungkap Djoko yang membacakan sambutan Rosan Roeslani.

Di ajang kali ini, ada 93 atlet dari 22 provinsi yang ikut meramaikan kompetisi di Hotel Santika itu.

“Sebagai BUMN kami tidak hanya mencari profit namun juga memberikan kontribusi. Kejuaraan Angkat Besi sebelumnya, banyak melahirkan Lifter-Lifter hebat, kami turut bangga,” kata Tina T. Kemala Intan selaku Direktur SDM PT Pupuk Indonesia.

(mrp/pur)

Membagikan
Exit mobile version