Senin, September 30


Pasuruan

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di Gunung Batok yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Beruntung kebakaran telah padam dan petugas tengah melakukan penyidikan.

“Kebakaran sudah padam pukul 22.00 WIB, Sabtu (22/6/2024),” kata Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) Septi Eka Wardhani, Minggu (23/6/2024).

Pihak TNBTS belum mengetahui secara pasti luas hutan dan lahan yang terbakar. Vegetasi yang terdampak juga masih dalam pemantauan.


“Masih dihitung luasan yang terbakar,” imbuh Septi.

Tak hanya itu, TNBTS juga belum mengetahui penyebab kebakaran. Ia mengimbau masyarakat dan wisatawan ikut menjaga kondisi hutan dan lahan di kawasan TNBTS dengan tidak melakukan hal yang menyebabkan kebakaran.

“Penyebabnya belum diketahui,” pungkasnya.

Sebelumnya, kebakaran Gunung Batok di kawasan Bromo sempat meluas hingga sisi Kabupaten Probolinggo. Angin kencang membuat api menjalar ke arah Timur.

Gunung Batok sendiri terbagi ke dalam dua daerah. Sisi Barat masuk wilayah Kabupaten Pasuruan. Sedangkan sisi Timur masuk Kabupaten Probolinggo.

Kebakaran ini juga terjadi bersamaan dengan peringatan Yadnya Kasada.

______________________

Artikel ini telah tayang di detikJatim

(wkn/wkn)

Membagikan
Exit mobile version