Senin, Oktober 14

Jakarta

Makanan yang mengandung vitamin K dikenal baik untuk kesehatan tubuh. Kamu bisa mengonsumsi rutin brokoli hingga telur untuk merasakan manfaat sehatnya.

Makanan sehat banyak mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu kandungan vitamin yang penting untuk tubuh adalah vitamin K.

Dilansir dari Health Shots (27/9), vitamin K adalah vitamin larut lemak penting yang mengandung protrombin. Kandungan itu membantu dalam mencegah pembekuan darah, meningkatkan kesehatan tulang, hingga mengatur kadar kalsium darah.


Vitamin K juga dapat meningkatkan daya ingat episodik pada orang dewasa yang lebih tua. Vitamin ini juga memberikan manfaat dalam menjaga tekanan darah tetap stabil.

Agar tak kekurangan asupan vitamin K, kamu bisa mendapatkannya dari berbagai jenis makanan. Di antaranya brokoli, pisang, hingga telur.

Berikut 5 makanan yang mengandung vitamin K tinggi:

1. Brokoli

brokoli Foto: Getty Images/iStockphoto/eyewave

Brokoli termasuk sayuran superfood dengan kandungan nutrisi yang luar biasa. Manfaat yang dihasilkan dari mengonsumsi rutin brokoli juga sangat banyak.

Superfood ini diketahui kaya akan vitamin K, serat, protein, zat besi, kalium, kalsium, selenium, dan magnesium. Brokoli dapat dikonsumsi rutin kalau ingin meningkatkan kepadatan tulang hingga pembentukan otot.

2. Pisang

Pisang juga dikenal sebagai superfood, karena nutrisi dan manfaat sehatnya untuk tubuh. Buah dengan kandungan serat yang tinggi ini kerap dijadikan makanan ideal untuk diet, juga dapat menurunkan darah tinggi.

Buah berwarna kuning ini juga diketahui kaya akan vitamin K dan nutrisi penting lainnya. Vitamin K dalam pisang ini mudah diserap oleh tubuh untuk membantu metabolisme karbohidrat dan lemak, lalu mengubahnya menjadi energi.

Tak heran kalau pisang umum dikonsumsi oleh para pelaku diet penurunan berat badan. Pisang juga dapat membuang zat kimia dari hati dan ginjal, serta menjaga kesehatan sistem saraf.

Membagikan
Exit mobile version