Jumat, September 20

Jakarta

Kata ‘Nebeng’ tengah menjadi trending topic di media sosial. Banyak warganet yang membahas arti kata tersebut.

Semua bermula klarifikasi Kaesang Pangarep saat menyambangi kantor KPK pada Selasa (17/9/2024). Anak bungsu Presiden Joko Widodo ini mengaku nebeng jet pribadi milik temannya saat pergi ke Amerika Serikat (AS) bersama istrinya, Erina Gudono, beberapa waktu lalu.

Lalu beredar keterangan dari pihak KPK kalau di dalam pesawat yang ditumpangi Kaesang tidak ada teman yang dimaksud. Hanya ada Kaesang, Erina, kakak istrinya dan seorang staf. Inilah yang kemudian menyulut diskusi warganet.


Menurut Situs KBBI

Menurut situs Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI): Nebeng artinya ikut serta (makan, naik kendaraan, dan sebagainya) dengan tidak usah membayar.

Versi Warganet

“”Ja lu mau kmn?” “Makan doang dket kosan” “Gua nebeng dong” “Ya bole, kamu mau makan apaan?” “Gua mau ambil motor di gedung parkir lantai 4″,” tulis @rudolphvnstrohm.

“Kl nebeng itu yg punya harusnya ikut ya. Misal nih ada teman bawa mobil mau ke Jakarta. Yah gua nebeng krn mau ke Jakarta juga karena searah. Ya otomatis teman gua juga ikut. Lha gua nebeng,” kata @ytitok.

“Tetangga sblh rumah punya helikopter, trs kmrn nebeng helikopter tetangga ke pasar, tp tetangga yg pilot itu gk ikut,” celoteh @kurnia_N_syah.

“Nebeng: Arti dasar dari nebeng itu sekalian, mumpung searah jalannya. Yang ditebengin pasti ikutlah. Kalo gak ikut namanya SEWA. Kalau sewa ya bayar. Pake uang bisa… pake pengaruh, atau jasa kemudahan dan lainnya2,” jelas @HimawanEko1.

“Numpang itu kalau misal gue mau ke Monas, terus tetangga gue kebetulan mau pergi juga naik mobil ke Monas atau ngelewatin Monas, terus gue nebeng mobil dia karena searah. Kalau lu mau ke Monas, tapi teman lu gak ikut pergi, dan lu naik mobil dia, itu namanya dipinjemin,” ujar
@masterofsadboi.

Menurut detikers sendiri apa itu nebeng? Tulis di kolom komentar ya.

Klarifikasi Kaesang

Dikutip dari detiknews, Kaesang tiba-tiba mendatangi gedung Dewas KPK pada Selasa (17/9/2024) ditemani jubirnya, Francine Widjojo, dan Sekjen PSI Raja Juli Antoni. Kaesang yang mengenakan kemeja putih dan celana hitam itu datang dengan senyum lebar.

Dalam keterangan pers tertulisnya, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengaku datang ke KPK atas inisiatif sendiri. Dia mengaku meminta arahan ke KPK perihal penggunaan fasilitas jet pribadi yang ramai disorot.

“Kedatangan saya hari ini ke KPK adalah karena inisiatif pribadi sebagai warga negara yang baik, bukan karena panggilan/undangan tertulis dari KPK walaupun saya bukan pejabat/penyelenggara negara,” katanya.

“Saya minta arahan dan nasihat dari KPK,” imbuhnya.

Kaesang mengakui naik jet pribadi ke AS bersama istrinya, Erina Gudono. Dia menyebutkan numpang jet pribadi temannya.

“Saya menyampaikan informasi mengenai perjalanan saya ke AS yang menumpang atau nebeng temen saya,” kata Kaesang

Sementara itu juru bicara Kaesang Pangarep, Francine Widjojo, juga angkat bicara. Dia menyebutkan Kaesang mulanya berniat untuk menaiki pesawat komersial saat akan ke Amerika Serikat.

Kendati demikian, menurut Francine, saat itu, teman Kaesang juga searah pergi ke Amerika. Akhirnya, katanya, Kaesang menumpang ikut bersama temannya menggunakan jet pribadi.

“Kalau terkait dengan kejadiannya, sebenarnya waktu itu Mas Kaesang itu sudah rencana berangkat ke Amerika di sekitar tanggal 20 Agustus, rencana pakai pesawat komersial, kebetulan ada temannya yang juga berangkatnya searah di tanggal 18 Agustus makanya bareng lah nebeng,” kata Francine di gedung lama KPK, Jakarta Selatan.

(afr/afr)

Membagikan
Exit mobile version