Senin, Oktober 7


Jakarta

Alex Marquez gagal menambah pundi poinnya di balapan utama MotoGP Jepang. Dia terlibat insiden dengan Joan Mir.

Hasil yang diperoleh Marc Marquez di MotoGP Jepang, berbanding terbalik dengan rekan setim sekaligus adiknya Alex Marquez. Jika Marquez berhasil merebut podium ketiga, Alex justru tersungkur ke gravel setelah menyeruduk Joan Mir.

Dalam tayangan ulang terlihat, Alex menabrak bagian belakang motor Mir hingga di tikungan ke-12 setelah melebar di tikungan 11. Bahkan Ducati Desmosedici GP23 itu sempat nyangkut di ban belakang Honda RC213V yang ditunggangi Mir. Keduanya kemudian berakhir di gravel. Tak cuma itu, Alex juga diganjar penalti long lap saat balapan berikutnya.


“Saya membuat kesalahan di tikungan 11 sehingga saya keluar garis sedikit dan berusaha untuk kembali ke posisi semula tapi saya menyenggol Mir, dan membuat saya jatuh. Motor kami saling bersangkutan, sehingga membuat saya terjatuh. Saya meminta maaf karena sudah membuatnya keluar dari balapan,” jelas Alex dilansir Motosan.

Meski begitu, Alex tak terima dengan hukuman penalti dari steward. Dia membandingkan dengan insiden yang dialami Jack Miller dan menyebabkan tiga pebalap gagal finis di MotoGP Indonesia.

Sekadar mengingatkan, sepekan lalu, Jack Miller terjatuh dan menyeret Alex Marquez, Luca Marini, dan Aleix Espargaro. Keempatnya pun terseret ke gravel. Kendati demikian, Jack Miller tak dikenakan sanksi apapun.

“Sekarang waktunya pemulihan untuk Australia. Saya akan mendapatkan long lap, meskipun saya tidak setuju. Tujuh hari lalu di tikungan ke-3 ada pebalap lain yang menyenggol saya dengan cara yang sama dan tidak ada keputusan apapun (dari steward). Itu menunjukkan bahwa peraturan ini tidak sama untuk setiap orang,” lanjut Alex.

Alex Marquez saat ini tertinggal jauh dari sang kakak di klasemen sementara MotoGP. Alex menduduki posisi ke-12 dengan torehan 124 poin, sementara Marc Marquez bertengger di posisi ke-4 dengan 311 poin.

(dry/din)

Membagikan
Exit mobile version