Minggu, Oktober 6

Jakarta

Baru-baru ini sebuah kartu nama tahun 1983 terjual miliaran rupiah. Kertas berbentuk persegi panjang dan berwarna putih ini punya mendiang bos Apple, Steve Jobs yang wafat tahun 2011 silam.

Kartu nama ini menampilkan logo Apple versi pelangi, dengan tulisan ‘Apple Computer’ di sampingnya. Lalu di dalamnya terdapat informasi mengenai Steve, yang saat itu menjabat sebagai Ketua Dewan Direksi. Adapun data-data lainnya di kartu nama ini, di antaranya alamat dan kontak perusahaan.

Nah satu hal yang membuatnya sedikit berbeda dan istimewa ialah ada tanda tangan Steve. Posisi tulisan tangan ini berada di ruang kosong persis di samping informasi-informasi yang sudah disebutkan di atas.


Kartu nama yang ditandatangani Steve Jobs. Foto: (RR Auction)

Menariknya lagi, benda yang dilelang pada Hari Kamis lalu itu dibeli dengan harga USD 181.183 atau sekitar Rp 2,8 miliar. Kata juru bicara RR Auction, Mike Graff, ini adalah harga tertinggi yang pernah dijual sebuah kartu nama, dilansir detikINET dari Business Insider, Minggu (24/3/2024).

“Penjualan kartu nama Apple yang ditandatangani Steve Jobs dengan harga lebih dari USD 180.000 menetapkan standar baru dalam kartu nama bertanda tangan. Ini adalah bukti warisan abadi Jobs dan dampak mendalam Apple terhadap dunia modern kita,” kata Wakil Presiden Eksekutif RR Auction, Bobby Livingston.

Sebenarnya RR Auction sudah melelang 10 kartu nama Steve. Tapi hanya satu kartu ini yang berasal dari tahun 1983, dan satu-satunya yang telah lolos otentikasi PSA/DNA.

Mungkin sebuah kartu nama dengan harga jual hingga Rp 2,8 miliar terdengar mahal, tetapi itu hanya sebagian kecil dari barang mahal lainnya yang ditandatangani Steve. Sebelumnya, surat yang diketik dua baris dan dikasih coretan khas salah satu pendiri Apple ini dijual dijual USD 479.939 atau sekitar Rp 7,5 miliar pada tahun 2021.

Tidak hanya itu, karena masih ada cek senilai USD 175 ribu yang harganya mencapai USD 106.985 atau sekitar Rp 1,6 miliar pada Mei 2023. Bahkan barang-barang yang tidak ada kaitannya dengan Apple, seperti tiket film Pirates of the Caribbean dengan tanda tangan Steve dibanderol USD 14.653 atau sekitar Rp 231 jura.

Kemudian poster film Toy Story dengan tanda tangan Steve, juga dilelang dengan tawaran minimum USD 25 ribu atau sekitar Rp 395 juta. Tapi sejauh ini, Dokumen Apple Computer Corporation menjadi barang termahal yang pernah ditanda tangani Steve.

Saat itu ia tidak sendirian, dua orang lainnya yang ikut memberikan tanda tangan ialah Steve Wozniak dan Ronald Wayne. Itu dijual senilai USD 1,3 juta atau sekitar Rp 20,5 miliar kepada Eduardo Cisneros pada tahun 2011, beberapa bulan setelah Steve meninggal.

Simak Video “Apple Bayar Rp 7,6 T Seusai Dituding Tipu Investor
[Gambas:Video 20detik]

(hps/fay)

Membagikan
Exit mobile version